Pemprov Sumbar Verifikasi Institusi Percontohan ISO 9001

id Pemprov Sumbar

Padang, (Antara) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan verifikasi terhadap 19 institusi pelayanan dokumen kependudukan yang tersebar pada kabupaten dan kota di daerah itu untuk dijadikan percontohan penerapan standar mutu ISO 9001.

"Secara bertahap, mutu pelayanan pada institusi yang berkaitan dengan dokumen kependudukan harus sesuai dengan standar internasional, ISO 9001. Pada tahap awal, penerapannya secara nasional akan melibatkan satu institusi untuk masing-masing provinsi," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar, Mardi di Padang, Selasa.

Menurutnya, Pemprov Sumbar akan mengusulkan tiga institusi terbaik yang lulus verifikasi sesuai persyaratan yang diminta pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nanti dari tiga itu, akan diverifikasi lagi oleh Kemendagri dan ditetapkan satu institusi terbaik sebagai percontohan di masing-masing provinsi.

"Sekarang sudah banyak kabupaten dan kota yang meminta agar institusi pelayanan dokumen kependudukan di daerahnya yang diusulkan ke Kemendagri. Tetapi, kita harus verifikasi dulu," katanya.

Ia mengatakan, syarat yang harus dimiliki oleh institusi yang akan diusulkan tersebut diantaranya memiliki gedung sendiri yang representatif, memiliki ruangan khusus pelayanan dan telah menerapkan "Standard Operating Procedure" (SOP) yang jelas.

"Kita akan pilih yang terbaik dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar," katanya.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri. (*)