DPRD Sumbar: Segera Laksanakan Tender

id DPRD, Sumbar, tender

Padang, (AntaraSumbar) - DPRD Sumatera Barat (Sumbar) meminta pada pemerintahan provinsi setempat segera melaksanakan tender proyek agar tidak terjadi keterlambatan seperti tahun sebelumnya karena hal ini menyangkut pembangunan daerah.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius di Padang, Selasa, mengatakan, agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah mengajukan pengusulan pada Unit Layanan Pengadaan (ULP) segera melaksanakan tender sesuai peraturan.

"Agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses pembangunan daerah, maka yang telah mengajukan ke ULP untuk dengan segera laksanakan tender sebut. Hal ini juga mengingat APBD 2016 yang sudah disahkan dapat dipergunakan," katanya.

Ia menambahkan, apalagi dengan cuaca seperti saat ini yang tidak bisa diprediksi karena dapat menjadi penghambat pekerjaan proyek yang tengah dilaksanakan.

"Tentu dalam pekerjaan ini, program nasional juga harus segera disenerjikan," ujarnya.

Sementara itu, ULP Sumbar mulai melaksanakan lelang untuk 83 paket kegiatan APBD 2016 senilai Rp242,6 miliar pada Minggu pertama Februari 2016.

Dokumen lelang dari Pelaksana Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) mulai diverifikasi. Selanjutnya, kelompok kerja (pokja) ULP akan menindaklanjuti dengan memasukkan data ke sistem pengadaan elektronik, kata Kepala Biro Aset Sekretariat Provinsi Sumbar Novrial yang juga membawahi ULP.

Ia mengatakan, proses verifikasi dokumen tersebut hingga mendapatkan pemenang tender yang kira-kira dalam waktu pertengahan Maret 2016.

Sedangkan untuk Paket kegiatan yang dilelang tersebut meliputi empat SKPD masing-masing Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar sebanyak 44 paket, Sekretariat DPRD Sumbar satu paket, Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Permukiman (Prasjaltarkim) 37 paket, dan Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) sebanyak satu paket. (*)