Muko-Muko Baru Miliki Satu Sekolah UNBK

id Bengkulu, Sekolah, UNBK

Mukomuko, 6/2 (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan baru memiliki satu sekolah yang siap untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah itu.

"Baru SMKN 3 Mukomuko yang siap. Karena alat di sekolah itu lengkap. Selain itu di SMKN 3 sudah ada jaringan internet," kata Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Suryono, di Mukomuko, Sabtu.

Kabid Pendidikan Sekolah Dasar itu mengatakan, sedangkan sekolah lainnya di daerah itu belum berani menggelar UNBK karena keterbatasan peralatan termasuk sarana dan prasarana.

Ia menyebutkan, peralatan itu berupa komputer. Jumlahnya minimal sebesar 30 persen dari jumlah peserta UNBK di sekolah tersebut.

Sedangkan pelaksanaan UNBK di daerah itu serentak dengan pelaksanaan UN secara umum mulai dari tanggal 4 April 2016. Namun UNBK ini berlangsung selama sembilan hari dari tanggal 4 hingga 12 April 2016.

"Kalau UN biasa hanya berlangsung selama tiga hari," ujarnya.

Untuk ujian susulan UNBK ini, lanjutnya, berlangsung singkat selama tiga hari mulai dari tanggal 18 sampai 20 April 2016.

Ia menjelaskan, waktu pelaksanaan UNBK ini lebih lama dari UN biasa karena dari sekian banyak peserta itu bergiliran menggunakan komputer untuk mengerjakan soal ujian.

Ia memastikan, meskipun waktu pelaksanaan UNBK di daerah itu lebih lama dibandingkan UN biasa tetapi soalnya tidak akan bocor kepada peserta UNBK.

Ia menerangkan, jangankan di Kabupaten Mukomuko, di Provinsi Bengkulu saja hanya beberapa sekolah yang bisa menggelar UNBK.