Semen Padang Kerahkan Tim ke Solok Selatan

id Semen Padang

Padang, (Antara) - PT Semen Padang mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu penanganan banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah di Padang, Selasa mengatakan pihaknya menurunkan tim ke Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan membawa berbagai bantuan.

"Tim membawa peralatan, genset, mesin pemotong, tenda, dan lampu sorot, 50 kilogram beras, lima dus mi instan, 20 helai selimut dan dua pakaian bekas dua dus," kata dia.

Ia mengatakan Tim TRC juga akan melakukan pendataan terkait bantuan yang diperlukan warga serta membantu evakuasi korban.

Kiki menyebutkan tim TRC Semen Padang yang diberangkatkan ke Sangir yaitu Ardistal, M. Erfan, Suwatri, Syafrizal Tojok, dan Herwan Nazar.

Tidak hanya fokus ke Solok Selatan, TRC Semen Padang juga terus memantau perkembangan data korban di Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota yang juga terendam banjir sebagai referensi untuk pendistribusian bantuan lebih lanjut, lanjut dia.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan memperkirakan kerugian akibat bencana alam yang melanda daerah itu mencapai Rp60 miliar.

"Hujan yang mengguyur Solok Selatan pada Minggu (7/2) hingga Senin (8/2) menyebabkan banjir merendam 2.000 rumah warga, mengakibatkan longsor, sejumlah jalan terban dan rusak, irigasi rusak, sawah terendam banjir," kata Kepala BPBD Solok Selatan Editorial.

Banjir akibat luapan sejumlah sungai di Solok Selatan merendam sekitar 2.000 rumah warga di Kecamatan Sungai Pagu dan Sangir. Warga tidak bisa menyelamatkan barang-barang milik mereka karena banjir bandang tersebut datang dengan tiba-tiba.

Banjir tersebut juga merendam sekitar 500 hektare sawah di lima kecamatan, yakni Sungai Pagu, Pauh Duo, Sangir, Sangir Jujuan dan Sangir Batanghari.

Bukan itu saja, katanya, air bah itu juga merusak tujuh jembatan yang diantaranya berada di Janjang Kambiang, Kiambang, Koto Rambah, Ranah Pantai Cermin dan Bulu Kasok. (*)