Unand Kenalkan Ilmu Kimia Lewat Loki 2016

id Unand, Ilmu Kimia

Padang, (AntaraSumbar) - Jurusan Kimia Universitas Andalas (Unand) Padang memperkenalkan ilmu bidang tersebut lewat kegiatan Lomba Kimia (Loki) 2016 pada 8 hingga 11 Februari 2016.

"Lomba Kimia ini bertujuan untuk mengenalkan ilmu kimia kepada masyarakat terutama siswa SMA dan SMP serta masyarakat umum dengan menggelar beragam kegiatan," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand, Eriyanty di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan bentuk pengenalan ini lebih kepada pemberitahuan bidang ilmu tersebut berbeda dari materi yang didapat di bangku sekolah.

Pemberitahuan ini dilakukan melalui lomba olimpiade kimia, lomba cerdas tangkas kimia, buka laboratorium, proyek kimia, lomba foto dan video bertemakan ilmu kimia, serta simposium kimia.

"Olimpiade kima dan cerdas tangkas kimia sebagai uji asah kemampuan siswa pada ilmu tersebut," katanya.

Khusus untuk Olimpiade Kimia dan cerdas tangkas peserta siswanya berasal dari sekolah di Sumbar hingga nasional.

Sedangkan untuk buka laboratorium yakni memberikan kesempatan kepada peserta mengujicoba berbagai praktek reaksi kimia.

Kemudian lomba foto, proyek kimia bertujuan dalam menggali potensi dan kreativitas siswa dan mahasiswa dalam pengembangan ilmu tersebut.

Simposium Kimia berupa pemaparan seminar dan presentasi berbagai kajian kimia oleh beberapa mahasiswa dan dosen, ujarnya.

Selain lomba kimia sebelumnya telah ada Lomba Biologi, dan ke depan akan ada Festival Hukum, Budaya Jepang, Lomba Matematika, Lomba Fisika, Pekan Konstitusi dan lainnya.

Sementara itu salah satu lulusan mahasiswa kimia Unand, Chatelier Indri mengatakan lomba kimia ini cukup potensial untuk mencari bakat calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Seharusnya hal ini menjadi rekomendasi bagi universitas dalam memasukkan mahasiswa melalui jalur undangan prestasi atau SNMPTN," katanya. (*)