Wartawan Limapuluh Kota-Payakumbuh Gelar Aksi Peduli Bencana

id Wartawan, Peduli Bencana

Payakumbuh, (AntaraSumbar) - Gabungan wartawan yang bertugas di kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh menggelar aksi peduli terhadap korban bencana alam yang melanda daerah itu.

"Aksi kemanusian ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian insan pers kepada masyarakat yang terkena musibah bencana alam," kata salah seorang wartawan di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, Widiat B Arta di Payakumbuh, Selasa.

Ia menyebutkan, penggalangan dana untuk korban bencana alam itu dilakukan di jalur utama, yakni di depan Tugu Adupura Jalan Sudirman kota itu.

"Sumbangan tersebut digalang itu sebagai bentuk memperingati Hari Pers Nasional yang bertepatan hari ini," tambah dia.

Pihaknya berharap, aksi kemanusian itu menjadi motifasi bagi masyarakat untuk bermurah hati memberikan sumbangan kepada menjadi korban bencana alam.

Ia menjelaskan, selain pengguna jalan, sumbangan juga diterima dari jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) yang ada di dua daerah tersebut.

Bantuan yang didapatkan berupa sembako dan uang tersebut sudah didistribusikan ke tiga lokasi yang pengungsian.

Pebabat Bupati Limapuluh Kota, Yendri Tomas mengapresiasi kegiatan kemanusian yang dilakukan kalangan wartawan yang bertugas di Luak Limopuluah.

"Apa yang dilakukan kawan-kawan media, secara tidak langsung telah memberikan dorongan bagi masyarakat untuk selalu menanamkan kepedulian antara sesama," kata dia.

Sebelumnya, banjir melanda sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota dan satu kecamatan di Kota Payakumbuh.

Akibat bencana tersebut, ratusan warga terpaksa diungsikan. Selain itu musibah tersebut juga menyebabkan akses Sumbar dengan Riau terputus pada Minggu, namun saat ini sudah dapat dilalui kembali. (*)