KONI Sumbar Verifikasi Atlet untuk PON

id KONI, Altel PON

Padang, (AntaraSumbar) - Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan verifikasi kembali terhadap atlet yang lolos pada Pra-PON untuk diikutkan PON 2016 di Jawa Barat September mendatang.

Wakil Ketua II KONI Sumbar, Handrianto di Padang, Selasa mengatakan pihaknya akan mengurangi kembali jumlah atlet yang lolos Pra-PON. Saat ini atlet yang lolos Pra-PON berjumlah 408 orang dari 41 cabang olahraga.

"Rencananya sebanyak 200 hingga 300 atlet yang akan diikutkan dalam PON 2016 mendatang. Untuk cabang olahraga akan dilakukan penyesuaian dari jumlah atlet," katanya.

Ia menjelaskan, dari 41 cabang olahraga yang lolos pra-PON pada Desember 2015, terdapat 12 cabang olahraga unggulan yang diprediksi mampu meraih mendali untuk Sumbar.

Cabang olahraga unggulan itu antara lain atletik, gulat, judo, karate, kempo, pencak silat, futsal, taekwondo, tinju, panahan, dan layar.

Selain itu, ia mengatakan, saat ini untuk persiapaan PON pihaknya telah mendatangkan konsultan teknik fisik dalam membantu pelatih setiap cabang olahraga dalam mendidik para atlet.

"Segala untuk mempersiapkan atlet menghadapi PON akan kami prioritaskan. Karena pada 2016 ini fokus kami adalah PON," katanya. (*)