Padang Panjang akan Sediakan Lumbung Buku

id Padang Panjang

Padang Panjang, (Antara) - Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, berencana akan membuat lumbung buku untuk mengumpulkan sumbangan buku dari masyarakat, sebagai upaya memenuhi kekurangan buku yang dialami perpustakaan daerah itu.

"Lumbung buku itu akan menampung sumbangan buku dari masyarakat yang nantinya akan diletakan di perpustakaan," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Padang Panjang Darsaf Hendrizal di Padang Panjang, Rabu.

Dia menyebutkan, perpusatkaan yang ada di Padang Panjang saat ini masih kekurangan buku jika dibandingkan dengan jumlah penduduk.

"Penduduk Padang Panjang saat ini ada sekitar 50 ribu jiwa lebih, sementara perpustakaan yang dikelolah oleh pemerintah itu membutuhkan buku sekitar 25 ribu eksemplar," katanya.

Dengan adanya lumbung buku nantinya, bisa menambah koleksi buku di perpustakaan. "Saat ini perpusatakaan Padang Panjang memiliki sekitar 13 ribu eksemplar buku yang terdiri dari berbagai judul," katanya.

Ia juga mengharapkan ada donatur dari masyarakat untuk menyumbangkan buku bagi perpustakaan Padang Panjang, sehingga berguna bagi pengunjung dalam mencari ilmu dan referensi.

"Kami juga menerima sumbangan dari donatur yang ingin menyumbangkan bukunya," katanya.

Masyarakat Padang Panjang, Milas Arepma menganggap permasalahan yang dihapai oleh perpustakaan dalam melayani pengunjung itu cukup serius.

"Ini harus dicarikan solusinya, sehingga perpustakaan yang sudah representatif itu bisa melayani dari setiap kebutuhan masyarakat dalam mencari buku untuk menambah ilmu atau referensi," katanya. (*)