Bupati Minta Nagari Siapkan Rencana Kerja

id Bupati

Sarilamak, (Antara) - Pejabat Bupati Limapuluh Kota Sumatera Barat (Sumbar) Yendri meminta semua nagari (desa adat) yang ada di daerah itu untuk menyiapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) sehingga semua program yang akan dilakukan mengacu kepada rancangan tersebut.

Yendri di Sarilamak, Rabu mengatakan, untuk menyusun RKP itu perlu dilakukan musyawarah rencana pembangunan (musrembang) dan berbagai pihak yang ada di nagari, termasuk badan musyawarah (bamus) nagari harus terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Sekarang setiap nagari dituntut melakukan musrenbang untuk melahirkan RKP. Hal ini berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya" kata dia.

Ia mengatakan, sesuai Permendagri maka camat berkewajiban memfasilitasi setiap nagari untuk melakukan musrenbang. "RKP yang dilahirkan dari musrenbang di nagari selanjutnya diteruskan untuk melahirkan RKP di tingkat kecamatan," kata dia.

Yendri menyampaikan, saat ini Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) ke-2 yang dirancang pemerintah setempat sudah dan akan memasuki RPJM ke-3.

"Untuk itu, seluruh SKPD, camat dan wali nagari untuk menyiapkan langkah konkrit menyiapkan RPJM ke-3 ini," katanya.

Tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban, Ferizal Ridwan menyarankan ke depannya pemerintah setempat untuk memprioritaskan daerah yang masih tertinggal.

"Pemerintah berkepentingan dan berkewajiban untuk memprioritaskan daerah yang selama ini masih terpinggirkan," kata dia.

Dengan demikian, daerah tersebut ke depannya mengalami perkembangan yang signifikan seperti nagari lainnya. (*)