Panitia SNMPTN Padang Tampung 4.304 Mahasiswa Baru

id Panitia SNMPTN

Padang, (Antara) - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) wilayah Padang, Sumatera Barat (Sumbar), yang terdiri atas dua perguruan tinggi Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) akan menampung sebanyak 4.304 orang mahasiswa baru tahun ini.

"Jumlah tersebut terdiri atas Unand dengan 1.974 orang dan UNP akan menampung sebanyak 2.330 orang," kata salah satu anggota panitia SNMPTN 2016 Padang, Syafwardi di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan jumlah tersebut telah disesuaikan dengan jumlah dan kuota masing-masing prodi dengan total terbanyak baik UNP dan Unand sama-sama 160.

Jumlah tersebut secara keseluruhan tidak banyak berubah baik bagi Unand maupun UNP.

"Baik Unand maupun UNP saat ini sedang giat melakukan sosialisasi ke beberapa daerah," katanya.

Khusus Unand akan melakukan dua cara sosialisasi yakni melalui kunjungan dan mengundang sekolah menengah sederajat.

Selain itu dalam hal ini baik Unand maupun UNP sepakat membagi wilayah sosialisasi dan caranya pada 19 kabupaten dan kota.

Bila Unand fokus pada kunjungan ke sekolah, UNP fokus pada sosialisasi di dinas pendidikan dan kepala sekolahnya, kata dia.

"Saat ini panitia SNMPTN sedang menerima pemasukan data dari sekolah melalui Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), " katanya

Pengisian PDSS dan verifikasinya ini telah dimulai sejak 18 Januari 2016 lalu dan berakhir pada 20 Februari 2016 mendatang.

Setelah itu, mulai 29 Februari hingga 12 Maret dilakukan pendaftaran ulang SNMPTN, dan hasil seleksi akan diumumkan pada 12 Mei 2016.

Sementara itu salah satu Siswa SMK kelas tiga di kota Padang , Faula berharap Universitas di Padang dapat menerima siswa SMK bukan hanya SMA.

Sebab menurutnya siswa SMK juga memiliki potensi yang tidak kalah dari SMA. (*)