Kapolda Sumbar Minta Penanganan Narkoba Ditingkatkan

id Kapolda Sumbar, Narkoba

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Brigjen Pol. Basarudin meminta jajaran Kepolisian Resor (Polres) meningkatkan pengungkapan narkoba dan pencurian kendaraan bermotor di daerah itu.

"Dalam catatan, kasus narkoba dan pencurian kendaraan Pasaman Barat cukup tinggi. Kasus ini harus menjadi perhatian serius," katanya saat mengunjungi Polres Pasaman Barat, Kamis.

Ia menambahkan secara geografis Pasaman Barat saat ini menjadi daerah sasaran peredaran narkoba, bukan lagi sebagai daerah perlintasan.

"Pasaman Barat berbatasan langsung dengan Sumut. Perbanyak patroli dalam mengawasi daerah perbatasan," ujarnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat agar berperan serta dalam pengungkapan narkoba. Peran serta masyarakat sangat penting dalam pemberantasan narkoba.

"Laporkan jika ada pengedar narkoba. Meskipun anggota Polres sendiri. Jika terbukti akan dipecat," tegasnya.

Ia mengajak kepada orang tua agar mengawasi anak masing-masing. Jangan biarkan bergaul bebas dan berikan pendidikan agama.

Ia juga menyebutkan kasus pencurian kendaraan bermotor cukup tinggi. Setiap minggunya ada masyarakat yang kehilangan.

"Antisipasi dan ungkap kasus pencurian kendaraan bermotor. Masyarakat sudah resah dan perlu penanganan serius dalam pengungkapannya," sebutnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar menjadi polisi diri sendiri dalam menjaga diri dari tindak kejahatan.

"Jangan parkir kendaraan sembarangan dan jika ada warga baru dicurigai laporkan kepetugas. Kalau perlu lapor satu kali 24 jam," ajaknya.

Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Toto Fajar Prasetyo mengatakan pihaknya terus memperketat pengawasan peredaran narkoba di daerah perbatasan.

"Patroli terus kami tingkatkan sebagai antisipasi peredaran narkoba dan pencurian kendaraan bermotor," sebutnya.

Pijaknya mengajak agar semua komponen agar berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban terutama masalah narkoba dan pencurian kendaraan bermotor.

"Mudah-mudahan dengan arahan Kapolda membuat anggota semakin bersemangat dalam bekerja sesuai dengan aturan berlaku," harapnya. (*)