Pemkot Payakumbuh Fasilitasi Pencari Kerja

id Payakumbuh, Pencari Kerja

Payakumbuh, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh mamfasilitasi para pencari kerja yang ada di daerah itu, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Kepala Bidang Tenaga Kerja pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh, Yuswaldi di Payakumbuh Kamis mengatakan kali ini pihak memfasilitasi 90 pencari kerja untuk dapat bekerja di KFC.

"Perserta yang mengikuti seleksi tersebut semuanya merupakan tamatan setingkat SLTA," tambah dia.

Ia menyebutkan, pihak KFC akan menerima 26 orang tenaga kerja yang nantinya akan bekerja di beberapa tempat di kota itu.

"Usaha ayam goreng siap saji itu sedang membangun outletnya di Jalan Sukarno-Hatta Kota payakumbuh. Semoga cepat rampung dan mampu menampung tenaga kerja tersebut," ujar dia.

Ia menyebutkan, semua perserta yang lulus, akan menjalani pendidikan, dan pelatihan, sebelum mereka masuk dunia kerja.

Menurutnya, kehadiran KFC itu membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran, dan juga akan mempengaruhi peningkatan pertumbuhan ekonomi Payakumbuh ke depan.

Ia menambahkan, pihaknya mencatat jumlah pencari kerja hingga akhir Desember 2015 di kota itu 1.020 orang, dimana 50 persen diantaranya tamatan SLTA, selebihnya berijazah D3, S1, dan S2.

Salah seorang warga Payakumbuh, Basri menilai pemerintah setempat dapat memfasilitasi semua pencari kerja dengan lembaga dan perusahaan yang ada di kota itu, dengan persyaratan memiliki kemampuan yang memadai.

"Menjadi kerjasama dengan lembaga dan perusahan yang ada merupakan salah satu langkah untuk mengurangi pengangguran," kata dia.

Menurutnya, tidak ada salanya lembaga dan perusahaan yang ada di kota itu mendahulukan putra daerah yang membutuhkan pekerjaan.

Ia menambahkan, meski demikian pemerintah perlu memberikan keterampilan-keterampilan bagi pencari kerja agar mereka mampu bersaing di dunia kerja. (*)