Presiden Lantik Irwan Prayitno-Nasrul Abit di Istana

id Joko Widodo

Presiden Lantik Irwan Prayitno-Nasrul Abit di Istana

Joko Widodo (Antara)

Jakarta, (Antara) - Presiden Joko Widodo akan melantik Irwan Prayitno dan Nasrul Abit sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak untuk periode 2016-2021, Jumat.

Irwan Prayitno dan Nasrul Abit akan dilantik bersama enam pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih lainnya, di Istana Negara, Jakarta, Jumat sekitar pukul 14.00 WIB.

Pelantikan akan bersamaan dengan pengucapan sumpah anggota Komisi Yudisial (KY) Masa Jabatan Tahun 2015-2020 serta keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Masa Jabatan Tahun 2016-2021 di Hadapan Presiden Republik Indonesia.

Tujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang dilantik adalah Irwan Prayitno dan Nasrul Abit (Sumatera Barat), H. Sahbirin Noor dan H. Rudy Resnawan (Kalimantan Selatan), dan H. Zumi Zola Zulkilfi dan H. Fachrori Umar (Jambi).

Selanjutnya Olly Dondokambey dan Steven O.E Kandouw (Sulawesi Utara) dan H. Muhammad Sani dan Nurdin Basirun (Kepulauan Riau).

Kemudian Irianto Lambrie dan H. Udin Hianggio (Kalimantan Utara) dan H. Ridwan Mukti dan H. Rohidin Mersyah (Bengkulu).

Sebelum dilantik, para gubernur dan wakil gubernur terpilih mengikuti prosesi yang dimulai dari Istana Merdeka.

Di Istana Merdeka, para gubernur dan wakil gubernur terpilih menerima penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden kepada masing masing gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Prosesi dilanjutkan dengan upacara pelantikan oleh Presiden yang akan dilangsungkan di Istana Negara diikuti penandatanganan berita acara pelantikan oleh masing-masing pasangan. (*)