Diskoperindag Pariaman Rencanakan Relokasi Pedagang ke Lapangan Merdeka

id Relokasi Pedagang, Pariaman

Pariaman, (AntaraSumbar) - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pariaman merencanakan merelokasi seluruh pedagang di Pasar Pariaman ke Lapangan Merdeka dan ke Jalan Sultan Syahril di kota itu.

"Relokasi pedagang kami lakukan karena Pasar Pariaman dalam waktu dekat akan dibangun secara besar-besaran," kata Kepala Diskoperindag Pariaman setempat, Gusniyetti Zaunit, di Pariaman, Jumat.

Ia menambahkan, penentuan lokasi pemindahan tersebut masih dalam pertimbangan oleh dinas terkait dan akan diusulkan ke wali kota setempat untuk ditindaklanjuti. Total ada 265 pedagang yang akan ditempatkan didua titik tersebut.

Dan diperkirakan dapat menampung selama proses pengerjaan berlangsung.

"Dalam agendanya, Pasar Pariaman direncanakan mulai dikerjakan pada 2017 dengan menggunakan konsep pembangunan Pariaman Trade Center atau pusat perdagangan Pariaman," jelasnya.

Untuk mencegah terjadinya konflik dengan para pedagang, pemerintah setempat melalui dinas terkait telah mengadakan pertemuan dan kesepakatan dengan empat Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada.

Dalam waktu dekat Diskoperindag setempat juga akan memanggil perwakilan para pedagang untuk memberikan pemahaman terkait pemindahan tersebut.

"Untuk perwakilan para pedagang akan kita panggil, namun secara keseluruhan nantinya walikota sendiri yang akan menemui seluruh pedagang," ujarnya.

Untuk pembangunan Pasar Pariaman, pemerintah setempat setidaknya menghabiskan dana mencapai Rp64 miliar yang bersumber APBD.

Sebelumnya Wali Kota setempat, Mukhlis Rahman, mengatakan, Pasar Pariaman selama ini belum bisa ditata secara maksimal, hal tersebut dapat berdampak kepada minat masyarakat untuk berkunjung ke daerah itu.

"Visi misi Pariaman menjadikan kota tujuan wisata oleh karena itu sektor pariwisata harus didukung dengan pusat perbelanjaan seperti pasar, serta perlu perbaikan dan ditata secara baik sehingga masyarakat maupun wisatawan yang datang bisa merasa nyaman," ujarnya. (*)