Bupati Terpilih Lihat Siswi Korban Pohon Tumbang

id Bupati Terpilih Lihat Siswi Korban Pohon Tumbang

Bupati Terpilih Lihat Siswi Korban Pohon Tumbang

Salah satu siswa sedang diperiksa tim medis akibat tertimpa pohon tumbang (irfan)

Batusangkar, 13/2 (Antara) - Bupati Terpilih Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi melihat kondisi siswi yang tertimpa pohon tumbang di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar.

Musibah ini adalah ujian, semoga menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu waspada beraktifitas dalam kondisi cuaca ekstrim seperti hujan dan angin kencang, katanya di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Sabtu.

Saat itu, ia menerima laporan bahwa siswi korban yang masih dirawat mengalami luka di kepala dan patah tulang membutuhkan darah.

Masalah kekurangan darah bagi pasien ini agar segera ditangani dan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) sehingga korban mendapatkan pelayanan yang maksimal, tambahnya.

Di sisi lain, ia mengharapkan instansi terkait seperti Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Tanah Datar untuk mengecek dan memeriksa pohon-pohon yang sudah berusia puluhan tahun terutama yang berada di Kota Batusangkar.

Karena sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa manusia, apalagi pohon-pohon di Kota Batusangkar sudah banyak yang tua, ujarnya yang sebelumnya juga telah melihat kondisi korban yang dirujuk ke RS M. Djamil Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar, Indra Kesuma menyampaikan bahwa seluruh siswa yang menjadi korban pohon tumbang dan dirawat di rumah sakit biaya perawatannya akan ditanggung pemerintah daerah.

Ia menyebut sebanyak 13 siswa SMA Negeri 1 Batusangkar mengalami luka-luka akibat tertimpa pohon tumbang yang terjadi sekira pukul 15.30 WIB di Kompleks Benteng Van der Capellen Batusangkar.

Peristiwa naas itu terjadi saat puluhan siswa SMAN 1 Batusangkar tengah mengadakan latihan pramuka. Ketika istirahat dan duduk-duduk di pohon itu, angin kencang merobohkan pohon yang sudah berumur puluhan tahun sehingga mengakibatkan 13 siswi mengalami luka cukup parah.

Menurutnya, tumbangnya pohon itu diakibatkan angin kencang yang mulai dirasakan warga Kota Batusangkar sejak siang hari.

Berdasarkan pemeriksaan medis, korban mengalami luka cukup parah bagian kepala, kaki, punggung, dan tangan akibat ditimpa pohon.