Gubernur: Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah HPN

id Irwan Prayitno

Gubernur: Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah HPN

Irwan Prayitno (Antara)

Padang, (Antara) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan daerahnya siap untuk menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017 karena memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

"Kapasitas hotel di Sumbar saat ini dapat menampung 1.000-1.500 orang. Dalam 4-5 bulan ke depan di Jalan Khatib Sulaiman juga akan berdiri hotel 11 lantai. Tentu daya tampung akan bertambah lagi," katanya saat menyambut kedatangan tim survei pelaksanaan HPN dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di istana gubernuran, Selasa.

Menurutnya, Hotel Inna Muara juga memiliki ballroom dengan kapasitas 3.000 orang dan memiliki posisi strategis yang berdekatan dengan pantai Padang dan hotel disekitarnya.

"Ini juga menjadi salah satu faktor pendukung pelaksanaan HPN di Sumbar," ujarnya.

Jika PWI pusat menyetujui HPN 2017 dilaksanakan di Sumbar, pihaknya juga akan menyiapkan paket bagi peserta untuk menikmati pariwisata yang ada di daerah itu.

Sementara itu, Wali kota Padang Mahyeldi mengatakan, sebagai ibu kota Provinsi Sumbar, daerah itu telah sukses melaksanakan dua kegiatan dengan skala internasional yakni IORA dan Multilateral Naval Exercisse Komodo.

"Kami juga siap sebagai tuan rumah HPN tahun 2017," tegasnya.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar mengatakan kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah juga sudah disetujui oleh Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim.

"Meski ketua DPRD berhalangan hadir, namun beliau menyampaikan dukungan Sumbar menjadi tuan rumah HPN 2017," katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI pusat Sasongko Tedjo yang menjadi salah seorang tim survei mengatakan, kunjungan mereka untuk mengklarifikasi surat pengajuan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) oleh Provinsi Sumbar.

"HPN merupakan iven nasional yang dihadiri oleh 1.000 orang lebih dan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Untuk itu kami dari tim survei perlu mengetahui bagaimana kondisi dan kesiapan Sumbar," katanya.

Saat ini ada dua provinsi yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah HPN 2017 yakni Sumbar dan Maluku. (*)