SMPN 1 Bukittinggi Targetkan Kembali Raih UN Berintegritas

id SMPN 1 Bukittinggi, UN Berintegritas

Bukittinggi, (AntaraSumbar) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Bukittinggi menargetkan kembali meraih penghargaan hasil Ujian Nasional (UN) berintegritas 2016.

"Tahun lalu, SMPN 1 mendapat peringkat terbaik di Bukittinggi dengan indeks integritas 92,33. Tahun ini diharapkan dapat meraih hasil serupa dengan indeks lebih baik diikuti pula peningkatan nilai hasil UN," kata Kepala SMPN 1 Bukittinggi, Deswar di Bukittinggi, Kamis.

Ia menambahkan untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang telah dimulai sejak September 2015.

"Sekolah telah merancang berbagai kegiatan untuk kesuksesan UN 2016 dan hingga saat ini persiapan telah mencapai 90 persen," ujarnya.

Siswa peserta UN dari sekolah tersebut yang berjumlah 291 orang telah mengikuti uji coba (try out) sebanyak lima kali, pra UN sebanyak satu kali dan kelas tambahan pada sore hari.

Ia menyebutkan hasil yang diraih siswa dalam setiap try out dan pra UN dijadikan sebagai bahan belajar pada kelas tambahan di sore hari tersebut.

"Siswa juga dibuatkan peringkat sesuai hasil try out. Bagi yang bernilai baik ditempatkan di kelas yang sama untuk mendapat pengayaan materi. Sementara yang memperoleh hasil kurang memuaskan, ditempatkan di kelas dengan pembelajaran lebih intensif untuk pemahaman mereka," jelasnya.

Selain itu, saat ini kegiatan belajar hanya difokuskan pada empat pelajaran yang diujikan dalam UN saja.

"Agar ujian berjalan lancar, sejak pelaksanaan try out, siswa sudah dibiasakan dengan suasana UN mulai dari peraturan hingga pengawas ujian secara silang murni," tambahnya.

Ia mengimbau para siswa supaya dapat membagi waktu dengan baik antara belajar dan istirahat agar saat pelaksanaan ujian pada 9 hingga 12 Mei 2016 berada dalam kondisi terbaik.

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Asrizal mengatakan peserta UN SMP di daerah tersebut berjumlah 2.846 siswa yang terdiri dari 2.172 siswa SMP dan 674 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).

"Untuk pelaksanaan UN SMP, disiapkan sebanyak 153 ruang kelas dan 306 guru pengawas yang akan mendapat pembekalan pada 4 Mei 2016," tambahnya. (cpw)