Pemkab Mentawai-Pemprov Lakukan Koordinasi Terkait Huntap

id Mentawai, Huntap, Sumbar

Pemkab Mentawai-Pemprov Lakukan Koordinasi Terkait Huntap

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani (kanan) saat berbincang dengan warga dalam kunjungan kerja di Desa Bulasat, Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatra Barat, Kamis (28/4). Dalam kunjungan kerjanya tersebut Menko PMK melihat secara langsung penanganan wilayah dan memberikan bantuan kepada korban pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tahun 2010. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Mentawai, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan koordinasi terkait penyelesaian pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban tsunami Mentawai 2010 di daerah Mentawai.

"Sesuai dengan saran dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Puan Maharani dalam kunjungan kerjanya ke Mentawai kemarin, kami akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar agar pembangunan Huntap dapat berjalan dengan lancar," kata Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet di Tuapejat, Jumat.

Ia menjelaskan koordinasi tersebut penting dilakukan untuk memvalidasikan data penerima Huntap termasuk persiapan anggaran untuk pembangunan infrastruktur.

Lebih lanjut, ia menjelaskan meski pembangunan Huntap sudah hampir mencapai seratus persen, namun validasi data harus tetap dilakukan agar, tidak ada lagi kendala untuk memperlambat pencairan dana rehap rekon tersebut. Hal itu tentunya juga harus ada mekanisme atau data yang konkrit, terkait warga yang belum dan sudah mendapatkan Huntap.

"Saat ini pembangunan Huntap sudah mencapai tahap 96 persen dari 2072 Huntab yang tersebar di empat kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai," sebutnya.

Ia mengharapkan perlunya dukungan dari pemerintah pusat maupun provinsi guna menyelesaikan tugas yang terbekalai tersebut. Dimana, pembangunan infrastruktur di lokasi tersebut, belum sama sekali tersedia.

"Kami sudah sampaikan kepada Menko PMK untuk membantu Mentawai agar percepatan pembangunan masyarakat di Mentawai, terutama di lokasi Huntab," katanya.

Ia menambahkan program pemerintah pusat yang sedang membangun rumah khusus sebanyak 385 unit di kepulauan Mentawai sangat membantu sekali masyarakat di kepulauan Mentawai.

Ia juga mengharapkan pemerintah juga menyiapkan program bantuan rumah lainnya untuk para pegawai negeri sipil dan juga aparat negara, seperti PNS dan TNI dan Polri. (*)