Wawako Minta Peserta "Padang Fair" Kembangkan Kreativitas Produknya

id padangfair,wisata,sumbar,padang

Padang, 1/5 (Antara) - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Sumatera Barat, Emzalmi meminta agar peserta Pekan Raya "Padang Fair" 2016 yang membuka anjungan atau pameran dapat mengembangkan kreativitas dalam menghasilkan produk khas.

"Dalam Padang Fair ini banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut serta diharapkan dapat menampilkan suatu inovasi baru," katanya di Padang, Minggu.

Menurut dia pengembangan kreativitas ini dilakukan dengan menciptakan suatu produk yang berbeda dari perhelatan sebelumnya.

Baik itu produk makanan, pakaian, sepatu, mainan, perhiasan atau cendera mata, ujar dia.

"Kalau bisa menampilkan sesuatu yang baru namun masih melekat identitas budaya Padang, atau Minang pada umumnya," tambahnya.

Atau menampilkan sesuatu yang dikembangkan khusus di ranah kelurahan seperti Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Seperti contoh pengembangan makanan dari Sirsak, Bengkuang, atau mungkin inovasi dari rendang, ujarnya.

"Orientasinya bisa menarik pengunjung luar datang serta memberikan kesan mendalam pada Padang Fair," lanjutnya.

Ia mengharapkan nantinya Padang Fair akan menjadi salah satu pagelaran yang selalu ditunggu pengunjung dan wisatawan yang datang ke Padang.

Bersama Festival Siti Nurbaya, Padang Fair dapat menjadi agenda rutin wisatawan luar berkunjung ke Padang.

Untuk itu dia berharap kepada pengelola kegiatan ini dapat maksimal memanfaatkan sebagai destinasi wisata budaya setiap tahunnya.

Sementara itu salah satu warga di Padang, Endi Marlina berharap agar Padang Fair tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Terutama dalam tampilan produk yang diharapkan lebih beragam dan mengedepankan potensi lokal.

"Jika bisa dalam Padang Fair ini tampil makanan asli Minang yang berkualitas tinggi," katanya.

Sebelumnya Pemerintah kota Padang telah resmi membuka Padang Fair 2016 yang digelar sejak 29 April hingga 8 Mei 2016 di GOR H Agus Salim Padang.

Dalam perhelatan rutin setiap tahun tersebut ditampilkan berbagai hasil produk masyarakat dan instansi di kota Padang. *