Polres Pastikan Penerimaan Calon Polisi Secara Betah

id Penerimaan, Calon, Polisi

Polres Pastikan Penerimaan Calon Polisi Secara Betah

Ilustrasi. (Antara)

Painan, (AntaraSumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan melaksanakan penandatanganan pakta integritas guna terwujudnya prinsip Bersih, transparan, akuntabel dan humanis (Betah) dalam penerimaan anggota Polri 2016.

Kepala Bagian Sumber Daya, Polres Pesisir Selatan, Kompol Desmentrial di Painan, Senin mengatakan kegiatan itu dihadiri oleh calon anggota Polri yang dinyatakan lulus seleksi administrasi awal dan juga orang tuanya.

"Dengan kegiatan ini kami harapkan calon anggota Polri dan orang tuanya mengetahui bahwa penerimaan anggota Polri bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme dengan mengedepankan prinsip Betah," ujarnya.

Ia menyebutkan dari polres setempat terdapat 596 peserta yang mendaftarkan diri menjadi calon anggota Polri diantaranya calon akademi polisi 19 laki-laki dan tiga wajib, calon brigadir polisi 404 laki-laki dan 82 wanita serta tamtama polisi 88 laki-laki.

Ia menambahkan setelah kegiatan itu, besok Selasa (3/5) calon polisi dari brigadir wanita akan melaksanakan tes selanjutnya di Polda Sumbar.

"Sementara calon brigadir laki-laki akan melaksanakan tes selanjutnya pada Rabu (4/5)," lanjut dia.

Ia menyebutkan berbeda dengan calon akademi polisi yang langsung melaksanakan tes pada hari ini.

"Khusus calon akademi polisi memang hari ini karena mereka melaksanakan penandatanganan pakta integritas langsung di Polda Sumbar," ujar dia.

Sementara itu, orang tua calon anggota Polri dari Kecamatan Sutera, Ikal (48) mengharapkan penandatanganan pakta integritas tidak hanya dilakukan sebagai formalitas namun harus dijadikan sebagai patokan pada saat proses penerimaan berlangsung.

"Kami harapkan seperti itu agar lulusan anggota Polri benar-benar mereka yang siap baik secara fisik maupun mental," sebut dia. (cpw)