Siswa SMA Payakumbuh Paling Banyak Melanjutkan Pendidikan

id Siswa SMA Payakumbuh

Padang, (Antara) - Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menjadi daerah yang paling banyak mengirimkan siswa lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pada 2015 sehingga mendapatkan penghargaan sebagai Kota Pengelola Pendidikan terbaik di provinsi itu pada 2016.

Terdata dari 3.445 siswa SMA sederajat yang lulus Ujian Nasional (UN), 2408 diantaranya melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Ini merupakan bukti keseriusan kami dalam bidang pendidikan. Ke depan, hal ini akan terus kami tingkatkan," kata Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dihubungi dari Padang, Selasa.

Menurutnya, semakin tinggi jenjang pendidikan masyarakat Payakumbuh, akan sangat membantu dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan akhirnya akan berpengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap, nanti, mereka yang telah memiliki pendidikan tinggi ini akan pulang untuk membangun daerah," harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Hasan Basri menyebutkan, keberhasilan pendidikan di daerah memang tidak hanya dilihat dari tingkat kelulusan Ujian nasional (UN), tetapi juga dari jumlah siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Tahun lalu Kota Payakumbuh menjadi peringkat dua dalam hal ini. Tahun ini kami menjadi yang terbaik untuk tingkat kota," katanya.

Meski tahun 2017, kewenangan pendidikan SMA sederajat ditarik ke provinsi, namun Pemerintah Kota Payakumbuh akan tetap memberikan komitmen untuk memajukan sektor pendidikan.

"Ini sudah menjadi cita-cita Wali kota setempat, Riza Falepi yang direspon oleh seluruh jajaran pendidikan dan masyarakat," ujarnya.

Pada 2015, dari 3.445 yang lulus UN di Kota Payakumbuh, 2.408 diantaranya melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sebagian diantaranya diterima kuliah di perguruan tinggi negeri favorit di antaranya, ITB, IPB, Unpad, Undip, UGM, UI, USU, UNRI, Unand dan UNP.

Atas capaian positif tersebut, Kota Payakumbuh menerima penghargaan sebagai Kota Pengelola Pendidikan terbaik Sumbar.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor gubernur, Senin (2/5) . (*)