Rencana Penghargaan Sopir Angkot, DPRD: Seleksi Maksimal

id Penghargaan, Sopir Angkot, Pemkot Padang

Padang, (AntaraSumbar) - DPRD Kota Padang meminta pemerintah setempat menyeleksi secara maksimal pelayanan yang diberikan para sopir angkutan kota (angkot) jika memang ada wacana pemberian penghargaan pada mereka.

"Penghargaan nantinya diberi pada yang benar-benar pantas agar memacu sopir angkot lain bertindak serupa," kata Ketua DPRD Kota Padang, Erisman di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan pentingnya penghargaan itu hanya jika memacu perubahan sikap pada sopir yang biasanya ugal-ugalan, jika tidak tentu hanya sia-sia.

"Jangan sampai penghargaan itu hanya ajang naik pentas semata dan menghabiskan anggaran. Kami harap ini benar-benar efektif," ujarnya.

Ia mengapresiasi wacana Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Padang tersebut dan berharap bisa memberi dampak baik bagi pelayanan transportasi Kota Padang.

Ketua Komisi III DPRD Padang, Helmi Moesim mengatakan selama tujuan adanya penghargaan itu agar masyarakat terutama sopir angkot menaati, maka sah-sah saja.

"Mana tau penghargaan itu bisa menimbulkan kesadaran. Hanya jangan sampai hal itu semacam seremonial semata," sebutnya.

Ia meminta Dishubkominfo tetap merencanakan penghargaan itu dengan matang dan benar-benar memotivasi sopir angkot untuk lebih baik ke depannya.

Sementara Kepala Dishubkominfo Kota Padang, Rudy Rinaldi menjelaskan kriteria sopir angkot yang akan diberi penghargaan ialah yang paling taat aturan, tidak menyetir sembarangan dan memanfaatkan pangkalan angkot di balai kota lama.

"Kami akan seleksi dulu. Nanti jika memang ada satu atau dua angkot yang benar-benar patuh akan diberi penghargaan. Begitu pula dengan penumpang setia," ujarnya. (cpw)