Menpar: Ayo Berwisata pada Libur "Long Weekend"

id Menpar, Arief Yahya, Liburan

Menpar: Ayo Berwisata pada Libur "Long Weekend"

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak masyarakat berwisata untuk mengisi kegiatan 4 hari pada liburan panjang akhir pekan (long weekend), Kamis (5/5) hingga Minggu (8/5).

"Ayo berwisata. Tidak harus jauh-jauh ke mancanegara, ada banyak tempat wisata indah di negeri ini," katanya di Jakarta, Rabu.

Sesuai dengan kalender, Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) merupakan "tanggal merah", disambung akhir pekan Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5) sehingga ada empat hari untuk berwisata, katanya.

Destinasi pariwisata dengan ikon Pesona Indonesia, kata Menpar, digandrungi dan menjadi impian jutaan orang di dunia.

"Mari eksplorasi, jangan lupa foto-fotonya diunggah di media sosial. Mengunggah foto dan video liburan itu membantu mempromosikan pariwisata Indonesia," kata mantan Dirut PT Telkom itu.

Ia mengimbau masyarakat yang bepergian untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan.

"Semoga lancar dan liburannya menyenangkan," kata Arief Yahya berharap.

Satu destinasi favorit di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol, misalnya, menyiapkan berbagai hiburan dan atraksi di pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, Seaworld, Ecopark, dan Pasar Seni.

Salah satu program yang digelar, yakni lomba barongsai di Dufan untuk memperebutkan Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sekretaris Perusahaan PT Jaya Ancol Ellen Gaby Tulangow menyebutkan pengunjung Dufan juga akan dimanjakan dengan wahana terbaru Dufan Glow.

Di Pantai Lagoon Ancol, pengunjung dapat mengikuti edukasi lingkungan oleh komunitas Teens Go Green dengan kegiatan bersih pantai.

Di Ocean Dream Samudra, pengunjung bisa mengajak serta putra-putrinya untuk mempelajari proses metamorfosis kupu-kupu dalam program edukasi berjudul "Saya Cinta Kupu-Kupu".

Disajikan pula permainan Flying Dragon di Atlantis Water Adventures dan hiburan Dancing Turtle di Seaworld.

Ellen menargetkan jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sebanyak 322.000 orang selama 4 hari pada masa libur (liburan) pekan ini. (*)