Pesisir Selatan Optimistis Stok Daging Ramadhan Terpenuhi

id Daging, Stok Ramadhan, Pesisir Selatan

Pesisir Selatan Optimistis Stok Daging Ramadhan Terpenuhi

(ANTARA FOTO)

Painan, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan optimistis stok daging menjelang bulan Ramadhan 2016 di daerah itu dapat terpenuhi.

"Menjelang masuknya Ramadhan kebutuhan daging khususnya sapi hanya 492 ekor sementara di kabupaten ini tersedia sebanyak 80.146 ekor sapi, jadi tidak ada masalah," kata Kepala Dinas Peternakan Pesisir Selatan, Nuzirwan didampingi Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Yusmal di Painan, Rabu.

Ia melanjutkan kebutuhan kerbau sebanyak 37 ekor dan tersedia 8.271 ekor, begitu juga dengan kambing kebutuhannya 27 ekor dan stoknya ada 41.669.

"Intinya Pesisir Selatan surplus daging bahkan sesuai pengalaman tahun sebelumnya pemenuhan daging untuk Kota Padang juga diambil dari sini," katanya.

Ia menyebutkan dengan situasi itu maka lonjakan harga harga daging menjelang kegiatan itu bisa dikontrol.

"Selain itu kami juga tetap mengontrol layak apa tidaknya daging-daging itu dikonsumsi," kata dia.

Khusus untuk mengontrol layak tidaknya daging tersebut pihaknya akan menempatkan dua sampai empat petugas di masing -masing kecamatan di daerah itu.

"Banyak sedikitnya petugas disesuaikan dengan luas wilayah dan mereka akan mengambil sampel daging di Rumah Potong Hewan (RPH) dan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) setelah itu mengkoordinasikan dengan dokter hewan di masing-masing lokasi," katanya.

Sementara itu, seorang warga Kecamatan Sutera, Agus (35) meminta pengontrolan layak atau tidaknya daging benar-benar dilakukan secara optimal.

"Harus optimal, jangan sampai oknum pedagang memanfaatkan situasi dengan menjual daging dari hewan-hewan yang tidak sehat," katanya. (cpw)