Mahasiswa Asing Unand akan Tampilkan Pameran Kebudayaan

id Mahasiswa Asing Unand

Padang, (Antara) - Belasan mahasiswa asal negara asing yang berkuliah di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, akan menampilkan pameran dan pasar kebudayaan pada Kamis 11 Mei 2016, di kampus tersebut.

"Mahasiswa tersebut akan menampilkan hasil budaya negara masing-masing serta penampilan kreativitasnya dalam tajuk "Cultural Day Unand Expo 2016," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional Unand, Irawati Chaniago di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan acara ini akan digelar selama satu hari dari pagi hingga sore dan melibatkan mahasiswa asing program Darmasiswa, Pengajar Bahasa Indonesia (BIPA) dan pengajar asing atau ELF.

Menurut rencana dalam pameran tersebut akan terdapat 18 anjungan yang terdiri atas 12 anjungan pameran mahasiswa asing, pasar, kebudayaan dan informasi.

Kedua belas negara yang ikut dalam pameran yakni Polandia, Ceko, Vietnam, Thailand, Filipina, Sudan, Kamboja, Jepang, Korea Selatan, Madagaskar, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Kemudian untuk memeriahkan pameran, Badan Urusan Logistik (Bulog) Padang juga ikut membuka anjungan.

"Tidak hanya membuka stand, mahasiswa internasional ini juga akan menampilkan kebudayaan tradisional Indonesia," lanjutnya.

Beberapa mahasiswa akan menampilkan tarian khas Minangkabau dan kesenian daerah lainnya.

Selain itu juga beberapa akan menunjukkan kemampuan membuat kuliner khas Minangkabau.

"Kegiatan pameran ini menjadi hiburan sekaligus apresiasi bagi mahasiswa asing yang akan segera menyelesaikan studinya," ujarnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Reika menilai kegiatan ini akan menarik minat mahasiswa dan masyarakat.

"Sebab selain menghibur tentunya kita juga bisa membeli atau melihat karya kebudayaan negara lain," tambah dia. (*)