Ujian Paket-B di Pariaman Diikuti 52 Peserta

id Ujian Paket-B

Pariaman, (Antara) - Sebanyak 52 pelajar program Paket B di Kota Pariaman, Sumatera Barat, tercatat sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Kanderi, di Pariaman, Kamis, mengatakan dibandingkan 2015 jumlah peserta paket B mengalami penurunan.

"Pada 2015 jumlah peserta paket B di Pariaman mencapai 70 anak didik, namun saat ini mengalami penurunan," kata dia.

Ia meneruskan ujian paket B sendiri akan dipusatkan pada satu lokasi yaitu SMPN 4 Pariaman, yang diselenggarakan dari 9 hingga 12 Mei 2016.

Kanderi menyebutkan pelaksanaan ujian paket B sama sekali tidak ada perbedaan dengan UN SMP sederajat. Mulai dari pendistribusian naskah soal hingga sistem pengawasan menerapkan cara yang sama.

"Untuk proses ujian sama sekali tidak ada perbedaan dengan UN SMP, para peserta paket B juga diawasi langsung oleh pengawas silang murni," jelasnya.

Dijelaskanya peserta paket B sendiri merupakan anak-anak yang pendidikanya terputus kemudian melankutkan pendidikan non formal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kota Pariaman.

"Setelah memenuhi kriteria, pihak sekolah atau PKBM melakukan usulan dan rekomendasi ke dinas pendidikan untuk mengikuti UN setingkat SMP secara serentak," ujarnya.

Terkait pelaksanaan ujian susulan SMP sederajat dan paket B akan dilaksanakan satu minggu setelah jadwal UN selesai dilaksanakan.

Ia mengimbau kepada para wali murid agar terus mengontrol dan mengawasi anak didik sebelum ujian dilaksanakan secara serentak.

"Peran orang tua sangat besar sekali menjelang ujian, maka dari itu kita harapkan pengawasan dan perhatian lebih harus dilakukan pada anak," tambahnya. (*)