Sumbar Siap Bantu Daerah Tangani Kemacetan

id Sumbar

Padang, (Antara) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), siap memberikan bantuan bagi kabupaten dan kota yang kesulitan menangani kemacetan akibat peningkatan jumlah kendaraan pada masa libur panjang 5 hingga 8 Mei 2016.

"Jika ada kabupaten dan kota yang minta bantuan, kami siap menurunkan anggota," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) Sumbar, Amran di Padang, Kamis.

Menurutnya, antisipasi peningkatan jumlah kendaraan pada masa liburan merupakan tanggung jawab masing-masing kabupaten dan kota. Namun, Dishubkominfo Sumbar tetap menyiagakan anggota jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ia menambahkan, indikasi peningkatan jumlah kendaraan memang sudah terlihat pada hari pertama libur, Kamis (5/5).

Selain kendaraan pribadi, bus pariwisata yang ada di Sumbar berdasarkan informasi yang diterima Dishubkominfo, juga sudah terpesan habis.

"Artinya, masyarakat benar-benar memanfaatkan empat hari ini untuk berliburan, sehingga dinas perhubungan di kabupaten dan kota memang harus bersiap," ujarnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi perubahan cuaca, Dishubkominfo Sumbar juga menyiagakan personel pada sejumlah titik rawan longsor di daerah itu.

"Kami bekerjasama dengan Dinas Prasrana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Sumbar dalam hal penyediaan alat berat, untuk mengantisipasi jika terjadi longsor pada titik rawan," sebutnya.

Salah seorang warga Padang Panjang, Yusril menerangkan, kehadiran personel dinas perhubungan atau polisi lalu lintas di jalan, terutama pada titik rawan macet sangat dibutuhkan.

"Tanpa petugas, kendaraan bisa terjebak macet sampai berjam-jam. Ini tentu merusak momen liburan," katanya. (*)