BSMI Gelar Diklat Pimpinan Tingkat Sumbar

id BSMI, Diklat Pimpinan, Sumbar

BSMI Gelar Diklat Pimpinan Tingkat Sumbar

Peserta Diklat Pim BSMI bersama jajaran pengurus pusat

Padang, (AntaraSumbar) - Lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumatera Barat (Sumbar), menggelar pendidikan dan latihan (diklat) pimpinan pada dalam rangka persiapan pelantikan pengurus tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang akan dikukuhkan pada 6 Mei 2016.

"Diklat digelar dua hari pada 5 hingga 6 Mei 2016, diikuti 60 orang calon pengurus dengan materi manajemen organisasi dan pengenalan kiprah BSMI," kata Ketua Panitia, Yosritzal di Padang, Kamis.

Menurutnya diklat menampilkan pembicara dari BSMI pusat yaitu Ketua Majelis Pertimbangan Nasional BSMI, Basuki Supartono dan dihadiri Ketua Dewan Pengurus Nasional Muhammad BSMI, Jazuli Ambari, Sekretaris Umum BSMI, Muhammad Rudi dan Bendahara Umum BSMI, Prita Kusumaningsih.

"Setelah diklat akan dilakukan pengukuhan pengurus dan terpilih sebagai Ketua BSMI Sumbar, Harfindo Nismal," ujarnya.

Pada puncak acara akan digelar seminar kesehatan dengan tema Penanggulangan Cedera Pada Sendi Gerak dan Manajemen Bencana dari sisi Medis dan Logistik.

Yosritzal mengatakan Sumbar merupakan salah satu daerah rawan bencana sehingga perlu dilakukan penguatan gerakan kemanusiaan.

Ketua Majelis Pertimbangan Nasional BSMI, Basuki Supartono menilai Padang merupakan kota yang bersahabat dengan lembaga kemanusiaan, termasuk Bulan Sabit Merah Indonesia.

Ia menceritakan BSMI pada awalnya adalah yayasan namun pada 2010 berubah menjadi perkumpulan Bulan Sabit Merah Indonesia melalui SK Kemenkumham.

Lembaga ini bergerak pada bidang kemanusiaan pada saat kerusuhan di Ambon, Poso, dan tsunami Aceh, katanya. (*)