Wako Pariaman: Ada Oknum Ingin Menghambat Pembangunan Pasar

id Mukhlis Rahman

Wako Pariaman: Ada Oknum Ingin Menghambat Pembangunan Pasar

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Mukhlis Rahman, menyebutkan ada oknum tertentu yang dengan sengaja ingin menghalangi dan mencoba membatalkan rencana pembangunan Pasar Pariaman.

"Oknum itu dengan sengaja menghalangi pembangunan pasar dengan menggunakan jasa pihak ke tiga," kata dia saat menghadiri sosialisasi pembangunan Pasar Pariaman di Balaikota setempat, Rabu.

Ia meneruskan juga mendengar adanya oknum yang mengumpulkan uang dari para pedagang dengan tujuan menyewa jasa pihak ke tiga untuk membatalkan pembangunan.

"Pemerintah sendiri bersama DPRD belum menyepakati pembangunan pasar, namun sudah ada isu yang berkembang sampai ingin mengumpulkan uang dari pedagang," jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh pedagang maupun pemilik kios agar lebih cerdas dan tidak tertipu oleh siapa saja.

"Kita sangat khawatirkan jika memang terbukti ada pemungutan kepada pedagang hal tersebut sangat kita sesalkan dan akan ditindaklanjuti," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Gusniyetti Zaunit mengimbau seluruh pedagang Pasar Pariaman agar tidak terprovokasi terkait pembangunan pasar.

"Memang ada diduga seorang oknum dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dengan sengaja ingin mempengaruhi para pedagang agar menolak pembangunan Pasar Pariaman, namun para pedagang akan kita berikan pengertian lebih dalam," kata dia.

Ia menambahkan oknum LSM tersebut diduga dengan sengaja menghasut para pedagang di Pasar Pariaman untuk meminta ganti rugi kepada pemerintah setempat terkait pembangunan pasar.

Pembangunan Pasar Pariaman sendiri direncanakan dimulai pada 2017 dengan total dana mencapai Rp64 miliar yang bersumberkan dari APBD. Pasar Pariaman akan dijadikan sebagai pusat perdagangan di Pariaman serta menggunakan konsep pasar modern. (*)