Irman: Pencabutan Sanksi PSSI Momentum Kebangkitan

id Irman Gusman, DPD, PSSI

Irman: Pencabutan Sanksi PSSI Momentum Kebangkitan

Ketua DPD Irman Gusman. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua DPD RI Irman Gusman mengharapkan pencabutan pembekuan PSSI oleh Menteri Pemuda dan Olahraga agar dapat menjadi momentum untuk kebangkitan kembali persepakbolaan Indonesia.

"Pengurus PSSI pusat maupun daerah harus dapat memberikan iklim yang terbaik bagi perkembangan dunia sepak bola kita," katanya di Padang, Minggu (22/5) malam.

Menurut Irman, jika pengelolaan sepak bola dilakukan dengan baik, maka masyarakat dan sponsor akan ikut berpartisipasi dengan sendirinya, sehingga tidak akan ada kendala dalam menjalankan kegiatan dalam mewujudkan prestasi sepak bola Indonesia.

Sebelumnya, untuk mendukung sepak bola Indonesia, Irman Gusman telah menggelar pertandingan sepak bola antar kecamatan di Sumbar dengan nama Irman Gusman Cup 2016.

Kecamatan Koto Tangah Padang berhasil menjuarai turnamen tersebut.

Menpora mengumumkan pencabutan pembekuan PSSI pada Selasa (10/5) malam, dan telah mengirimkannya ke FIFA agar organisasi itu segera mencabut sanksinya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan beberapa alasan yang melatarbelakangi keputusan mencabut Surat Keputusan Bernomor 01307 tentang Pembekuan Aktivitas Organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Alasannya yakni, pencabutan SK pembekuan merupakan tindakan taat hukum untuk menghargai Mahkamah Agung yang sudah mengeluarkan putusan.

Selanjutnya, Kemenpora menghargai surat yang disampaikan Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) kepada Menpora dan Menteri Sekretaris Negara.

Surat itu berisi keinginan FIFA mengawal perubahan sepak bola di Indonesia. Kemenpora, katanya, juga akan turut mengawal perubahan sepak bola ke arah yang lebih baik. (*)