Dharmasraya Lokasi 'Finish' Etape VII TdS 2016

id TdS 2016

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan menjadi lokasi 'finish' etape VII ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2016, berdasarkan rapat bersama pemerintah pusat dan provinsi di Padang berapa waktu lalu.

"Dijadwalkan etape VII akan berlangsung 12 Agustus 2016," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi, Informatika, Pariwisata, dan Budaya setempat, Akrial melalui Kepala Seksi Pariwisata Yurnida HS di Pulau Punjung, Selasa.

Dia menyebutkan, para pebalab akan memulai start di Kabapaten Sijunjung dan 'finish' di Kabupaten Dharmasraya pada etape VII TdS 2016.

Pemerintah setempat akan mengusahakan kepada tim survei lokasi 'finish' etape VII dapat dipusatkan di Sport Center di Nagari (desa adat) Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, ujarnya.

"Namum keputusan masih menunggu tim survei pusat dan provinsi yang dijadwalkan tiba di Dharmasraya dalam minggu ini," lanjutnya.

Dia mengatakan, tim Kementerian Pariwisata bersama Dinas Pariwisata Sumbar akan mendatangi kabupaten setempat untuk survei rute TdS 2016.

Menurut dia, berdasarkan rapat bersama pemerintah pusat dan provinsi berapa waktu lalu akan ada perubahan rute TdS di Dharmasraya tahun ini, yakni dengan jarak yang lebih pendek.

"Tahun sebelumnya etape Sijunjung Dharmasraya terus menjadi etape terpanjang dengan jarak 206 kilometer," ungkapnya.

Pemerintah setempat akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyukseskan TdS, mulai dari penyambutan atlet, hingga pelaksanaan 'finish' yang direncanakan di Sport Center, kata dia.

Pihaknya meminta dukungan kepada masyarakat di Dharmasraya agar dapat menyukseskan event tahunan itu, terusnya.

"Mari kita sukseskan TdS tahun ini," katanya.

Menurut dia, banyak dampak positif yang didapat melalui ajang TdS, di samping akan menggenjot perekonomian masyarakat juga sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata Dharmasraya kepada masyarakat internasional.

"Karena even ini juga diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri," tambahnya.

Masyarakat Dharmasraya, Jetski memberikan apresiasi kepada pemerintah setempat yang sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran dan suksesnya even TdS di daerah itu.

"Kami berharap ajang balap sepeda ini benar-benar dapat berkontribusi untuk kemajuan daerah, jangan sebaliknya hanya sebatas seremonial," katanya. (*)