Grand Start TdS 2016 di Dermaga Singkarak

id TdS, Dermaga Singkarak, Solok

Grand Start TdS 2016 di Dermaga Singkarak

Ilustrasi - Pembalap sepeda beradu kecepatan dalam etape pertama Tour De Singkarak 2015 di Padang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Kabupaten Solok Sumatera Barat, akan menjadi tuan rumah penyelenggara grand start ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016, kata Kepala Dinas setempat, M Alfajri.

"Grand start bertempat di Dermaga Singkarak pada 6 Agustus 2016 mulai pukul 10.00 wib. Grand start Etape I TdS itu berjarak 96 kilometer dari Dermaga Singkarak menuju garis finis di obyek wisata Ngalau Payakumbuah," katanya di Arosuka, Selasa.

Ia menyebutkan hal itu dihadapan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin dan seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup pemerintahan daerah setempat, camat dan wali nagari (kepala desa adat), pada acara rapat persiapan TdS 2016.

Ia menerangkan, selain Etape I, sejumlah daerah dalam wilayah Kabupaten Solok, juga akan dilintasi para pebalap dalam dan luar negeri peserta TdS itu, yakni pada Etape VI pada 11 Agustus.

Pada etape ini start dilakukan di Kota Pariaman menuju garis finish di Sawahlunto, melalui rute Sitinjau Laut Kota Padang menuju wilayah Kabupaten Solok seperti Lubuk Selasih dan Arosuka.

Kemudian pada Etape VIII pada 13 Agustus, yang memulai start di Kota Sawahlunto/Kota Solok (masih tentatif) menuju garis finis di Solok Selatan. Etape ini akan melalui daerah Kabupaten Solok seperti Kecamatan Lembang Jaya terus ke Danau Kembar lalu ke Lembah Gumanti hingga finis di Solok Selatan.

"Dalam grand opening TdS 2016 itu, akan dilaksanakan pada 5 Agustus berlokasi di GOR BATU BATUPANG Koto Baru Kecamatan Kubung menampilkan sejumlah artis ibu kota untuk mengisi acara seperti diantaranya Afgan dan Raisa," kata Alfajri.

Terkait penyelenggaraan grand start TdS tersebut, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin meminta seluruh masyarakat untuk bersama-sama ikut menyukseskan pelaksanaan event tahunan ajang balap sepeda internasional TdS di wilayah itu.

Ia mengatakan, dalam perhelatan acara itu, juga akan melibatkan seluruh elemen masyarakat Nagari, khususnya yang daerahnya menjadi rute jalur TdS 2016 dan untuk koordinasinya oleh para camat yang wilayahnya dilalui para pebalap TdS tersebut.

"Diharapkan totalitas seluruh panitia pendukung baik dari seluruh SKPD maupun instansi vertikal dan elemen terkait lainya dalam penyelenggaraan event TDS tersebut," tambahnya. (*)