Polres: Kelalaian Pengendara Dominasi Kecelakaan di Agam

id Lakalantas, Agam, Kelalaian

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat, mencatat kelalaian pengendara dalam berkendara di jalan raya mendominasi kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

"Sejauh ini, penyebab terjadinya kecelakaan memang didominasi karena kelalaian pengendara. Faktor lain karena kondisi jalan dan cuaca," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Agam, AKP Arnanda Putra, di Lubuk Basung, Selasa.

Menurut dia, untuk menekan angka kecelakaan, salah satunya harus menyadarkan pengendara untuk tertib berlalu lintas dan hati-hati selama di jalan raya.

Dalam rangka menekan angka kecelakaan di Agam, tambahnya, Satlantas Polres Agam tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat, khusus pemilik kendaraan roda dua untuk berhati-hati dan menaati tata tertib berlalu lintas karena mendominasi kasus kecelakaan.

"Kami telah memasang spanduk dan pamflet di pelbagai lokasi yang berisi imbauan untuk tertib berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan di jalan raya," ujarnya.

Selain itu, juga mengadakan sosialisasi tertib berlalu lintas di sekolah, masyarakat dan lainnya.

Pasalnya, kata dia, siswa di Agam banyak mengunakan kendaraan roda dua, sehingga perlu ada upaya untuk mengingatkan mereka agar selalu tertib di jalan.

"Jika tingkat kepatuhan pengendara semakin meningkat, tentunya angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya bisa ditekan," ujarnya.

Ia menambahkan, pada Januari sampai 9 Mei 2016 jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 55 kasus, korban meninggal dunia 11 orang, luka berat lima orang, luka ringan sebanyak 88 orang dan kerugian materil sekitar Rp70 juta.

"Sekitar 80 persen kecelakaan itu terjadi pada usia produktif antara 15 sampai 25 tahun," katanya.

Sementara pada 2015, sebanyak 195 kasus kecelakaan lalu lintas dengan meninggal dunia sebanyak 35 orang, luka berat 27 orang, luka ringan 270 orang dan kerugian materil sekitar Rp301,1 juta.

Pada 2014, sebanyak 157 kasus kecelakaan, meninggal dunia 23 orang, luka berat 27 orang dan luka ringan 241 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Agam, Martias Wanto, menambahkan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada Polres untuk meningkatkan kesadaran warga saat berlalu lintas.

"Dengan cara ini kasus kecelakaan di daerah itu akan berkurang," katanya. (*)