Bupati Dharmasraya Minta SKPD Percepat Serapan Anggaran

id Bupati Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska meminta seluruh Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat untuk mempercepat penyerapan anggaran guna mendorong pergerakan ekonomi daerah itu.

"Berdasarkan rapat evaluasi bersama SKPD Selasa (24/5) realisasi fisik dan keuangan belum mencapai 20 persen hingga Mei 2015. Untuk itu perlu percepatan untuk mencapai target," kata dia di Pulau Punjung, Rabu.

Menurut bupati, dari Rp900 miliar lebih angaran tahun ini seharusnya realisasi anggaran fisik dan keuangan sudah mencapai 30 persen atau di atasnya.

Karena itu bupati meminta kepala SKPD mendorong pengelola kegiatan agar bekerja lebih keras serta konsisten dengan program mencapai target.

"Saya targetkan realisasi sudah harus mencapai 40 persen hingga Agustus mendatang," tegasnya.

Ia optimistis target itu dapat terealisasi mengingat saat ini sejumlah kegiatan sedang dalam pengerjaan dan tidak lama lagi akan mengajukan tagihan pencairan dana.

Terlebih lagi, pada anggaran 2016 pemerintah setempat juga mempercepat pencairan dana ke setiap SKPD, yang mana akhir Januari dana APBD 2016 sudah dapat digunakan.

"Ini lebih cepat dari tahun sebelumnya yang biasanya pencairan dana baru dapat dilakukan Maret, jadi tidak ada alasan realisasi penyerapan anggaran lambat," lanjutnya.

Walau demikian, upaya percepatan dimaksud tetap harus dilakukan dengan berpegang teguh pada prinsip, cepat, tepat dan selamat.

"Tidak boleh melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya. (*)