Pasaman Barat Siapkan Rp450 Juta untuk TdS

id TdS, Pasaman Barat, Anggaran

Pasaman Barat Siapkan Rp450 Juta untuk TdS

Para pebalap sepeda beradu kecepatan saat Tour De Singkarak 2015 di Padang, Sumatera Barat, Minggu (4/10). Etape Kedua Tour De Singkarak 2015 yang diikuti 131 pebalap tersebut menempuh jarak 140 kilometer dari Padang Pariaman menuju Danau Singkarak. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan anggaran sekitar Rp450 juta untuk pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2016.

"Anggaran tersebut berbeda dengan sebelumnya yang mencapai Rp700 juta lebih karena untuk tahun ini Pasaman Barat hanya sebagai tempat finis sedangkan tahun 2015 ditunjuk sebagai tempat finis dan start," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Abdi Surya di Simpang Empat, Rabu.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan TdS tahun 2016 Pasaman Barat ditunjuk sebagai tempat finis pada etape 3 yang starnya dimulai dari Bonjol Kabupaten Pasaman Barat dan finis di Simpang Empat Pasaman Barat.

Menurutnya berbagai persiapan telah dilakukan dengan instansi terkait, BUMN, BUMD, camat dan wali nagari se-Pasaman Barat.

Persiapan berupa rapat koordinasi dengan pihak terkait terus kami lakukan. Selain itu juga persiapan pembuatan baliho dan atribut sosialisasi TdS juga terus dilakukan, ujarnya.

Pebalap akan mulai start di Bonjol menuju Simpang Empat dengan panjang rute 121,1 kilometer. Rute tersebut melewati sejumlah objek wisata yang menjadi andalan kedua kabupaten.

Rute wisata yang akan dilewati pembalap diantaranya wisata equator Bonjol, Tugu Perjuangan Lubuk Sikaping, wisata air panas Panti, Gunung Talamau dan Lubang Jepang.

Ia menjelaskan untuk penyambutan para pembalap TdS Pemkab Pasaman Barat akan menyiapkan berbagai macam acara kesenian khas Pasaman Barat. Sehingga Pasaman barat semakin dikenal oleh daerah lain.

"Mengenai apa kesenian yang akan ditampilkan tentu belum final karena masih dalam persiapan. Artinya Pasaman Barat siap menyambut para pembalap TdS," ujarnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat tim survey dari panitia TdS akan turun ke Pasaman Barat untuk melihat persiapan dan rute yang akan ditempuh oleh para pembalap nantinya. (*)