Harga Kebutuhan Pokok Naik di Pesisir Selatan

id Harga, Kebutuhan, Pokok, Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Sejumlah harga bahan kebutuhan pokok di pasar Inpres Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mulai merangkak naik menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Ida (52), seorang pedagang bumbu-bumbuan di Painan, Kamis, mengungkapkan kenaikkan itu mulai terjadi sejak pekan ini seperti bawang, telor dan ayam.

Kendati demikian, kenaikan yang terjadi tersebut masih dianggap stabil, karena masih di kisaran 5 hingga 10 persen pada beberapa bahan kebutuhan pokok.

Biasanya, menurut dia, harga bakal terus melambung hingga minggu pertama puasa. "Habis itu baru agak stabil sedikit. Meski begitu, tentu melihat pasokan juga," sebutnya.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pasar (Diskoperindag-Pas), Dewilawati mengaku adanya perubahan harga.

Ia menjelaskan, kenaikkan tertinggi di pasar Painan saat ini terdapat pada bawang putih, dari Rp32 ribu per Kilogram (Kg), menjadi Rp40 per Kg.

Setelah itu disusul bawang merah menjadi Rp34 ribu per Kg yang sebelumnya hanya Rp31 ribu per Kg. Daging ayam buras turut menanjak, dari Rp23 ribu per Kg, jadi Rp25 ribu per Kg.

Kemudian, gula pasir naik sebesar Rp1000 per Kilogram, menjadi Rp16 ribu per Kg, dari Rp14 ribu per Kg. Minyak minyak goreng curah dari Rp12 ribu mernjadi Kg, dari Rp10 ribu per Kg.

Kondisi serupa pun terjadi pada telur ayam buras, dari Rp1.200 per butir, jadi Rp1.400 per butir. "Daging sapi dan ayam kamupun tetap. Masing-masing Rp120 ribu dan Rp35 per Kg," jelasnya.

Ia optimistis naiknya harga jelang Ramadhan ini tidak separah sebelumya. Sebab, pasokan dari daerah penghasil hingga kini masih terpantau lancar.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) UMKM, Efitri Yani, menyampaikan untuk stabilitas harga pemerintah daerah biasanya akan menggelar Bazar atau Operasi Pasar (OP).

Namun, untuk tahun ini, Bazar digelar pada Juli mendatang. "Karena bertepatan dengan hari jadi Koperasi. Biasanya memang ketika memasuki bulan Puasa," katanya. (*)