Kabupaten Rokan Hulu Kenalkan Destinasi Wisata Religi

id Wisata, Religi, Rokan Hulu

Rokan Hulu, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau mengenalkan salah satu destinasi wisata religi daerah tersebut yaitu Masjid Agung Madani Islamic Center kepada Bagian Humas Pemerintah Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat.

"Masjid megah ini dibangun oleh Pemkab Rokan Hulu tidak hanya sebagai lokasi beribadah saja, namun juga sebagai lokasi wisata religi," kata Asisten I Pemkab Rokan Hulu Juni Syafry saat menerima kunjungan Bagian Humas Pemkot Bukittinggi serta sejumlah wartawan ke daerah tersebut, Kamis (26/5).

Ia menyebutkan, masjid tersebut juga didukung oleh sejumlah fasilitas yang dapat mendorong ekonomi masyarakat, seperti lokasi berjualan makanan, busana muslim, dan fasilitas untuk pengembangan ajaran Islam.

Keberadaan masjid tersebut saat ini makin dikenal masyarakat berkat kunjungan yang sangat ramai terutama pada hari libur.

"Selain beribadah, masyarakat dapat menikmati kemegahan arsitektur masjid. Kementerian Agama RI pada 2015 memberi penghargaan sebagai masjid terbaik tingkat nasional untuk kategori Masjid Agung Paripurna," katanya pula.

Ketua Harian Masjid Agung Madani Mirza menambahkan, ide pembangunan masjid tersebut berasal dari keinginan pemerintah daerah untuk membangun sebuat pusat kajian Islam.

"Masjid itu didukung fasilitas seperti perpustakaan digital satu-satunya di Riau, ruang rapat, ruang audio visual untuk belajar Bahasa Arab, klinik, aula pertemuan dan lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, masjid yang dapat menampung hingga 10.000 jemaah tersebut pada Senin hingga Jumat dikunjungi oleh hingga 500 pengunjung per hari.

"Bila hari libur, pengunjung akan lebih banyak, diperkirakan bisa mencapai 1.000 pengunjung," kata dia.

Selain beribadah dan menikmati arsitektur masjid dari dekat, salah satu menara masjid dengan tinggi 99 meter juga menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi Yulman mengapresiasi kesempatan berkeliling melihat fasilitas di masjid megah itu.

"Dengan keindahan arsitekturnya dan sejumlah fasilitas pendukung, selain menjadi ikon wisata, masjid ini juga dapat menjadi sarana mendorong perkembangan ajaran Islam," ujarnya. (*)