Polres Pariaman Gelar Sepeda Santai Peringati HUT Bhayangkara

id HUT Bhayangkara, Pariaman, Sepeda Santai

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar sepeda santai pada 28 Mei 2016 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-70.

Ketua Panitia pelaksana AKP Afriano Chaniago, di Pariaman, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1437 Hijriah.

"Hingga kini peserta sudah mencapai angka 450 dari berbagai kalangan, baik instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum," katanya.

Untuk rute perjalanan sendiri seluruh peserta menempuh jarak hingga 12 kilometer yang dimulai dari depan Mapolres setempat dan finis di Pantai Gandoriah Pariaman.

"Start kita mulai pukul 6.30 WIB, dan untuk medanya sendiri tidak susah, para peserta juga akan disuguhkan dengan pemandangan tepi laut karena jalurnya melewati Pesisir Pantai Barat," jelasnya.

Afriano mengatakan setelah melaksanakan kegiatan tersebut seluruh peserta akan diajak secara bersama untuk bergotong royong membersihkan Pantai Gandoriah dari sampah.

"Tujuan acara ini tidak hanya sekedar olahraga, namun kegiatan sosial juga dilaksanakan," ujarnya.

Ia menambahkan nantinya dua peserta paling banyak mengumpulkan sampah pada karung yang telah disediakan diberikan hadiah masing-masing satu unit sepeda.

Terkait sosialisasi dan pemberitahuan sendiri dikatakanya telah disampaikan melalui brosur dan radio agar masyarakat ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Kami berharap para rekan-rekan media juga bisa mengikuti perlombaan sepeda santai tersebut sekaligus mempererat kemitraan pihak kepolisian dengan insan pers," ujarnya.

Damanhuri salah seorang warga di kota itu mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan pihak kepolisian tersebut. Menurutnya selain menyehatkan, kegiatan sosial membersihkan Pantai merupakan contoh baik yang harus ditiru oleh setiap masyarakat.

"Kami harus dorong kegiatan positif yang dilakukan instansi kepolisian karena sifatnya mengajak dan merangkul masyarakat untuk berbudaya hidup tertib dan bersih sehingga Kota Pariaman lebih indah jika objek wisata Pantainya bebas dari sampah," jelasnya. (*)