Agam Luncurkan SMS Gateway Permudah Pelayanan Masyarakat

id Sms

Lubuk Basung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memiliki program Short Message Service (SMS) Gateway untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus surat-surat berharga di kantor itu.

"Program ini untuk mempermudah urusan masyarakat dalam mengurus surat pindah, akta kelahiran, kartu tanda penduduk dan lainnya, karena mereka bisa melihat persyaratan melalui SMS Gateway," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran di Lubuk Basung, Sabtu.

Ia mengatakan, masyarakat cukup registrasi nama, membuat persyaratan KK baru dan kirim ke 081261991111.

Setelah itu, balasan akan langsung diterima oleh si pengirim.

Ia menambahkan, program ini dibentuk berawal ketika warga saat mengurus KK, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya banyak yang kurang membawa persyaratan.

Sementara tempat tinggal mereka dari kantor Disdukcapil sangat jauh dengan jarak tempuh sekitar 80 kilometer.

Untuk itu, program SMS Gateway ini dubuat untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi persyaratan pengurusan KK, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya.

"Program ini diluncurkan pada 1 Februari 2015," katanya.

Setelah diluncurkan, banyak masyarakat mengirimkan SMS untuk menanyakan persyaratan dalam mengurus KK, surat pindah, akte kematian dan lainnya.

"SMS ini bukan saja dari warga yang berdomisili di Agam, tetapi juga dari rantau," katanya.

Salah seorang warga Lubuk Basung, Zuhriko, memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah meluncurkan program ini, sehingga memberikan kemudahan bagi warga untuk mendapatkan informasi tentang persyaratan pengurusan KK, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya.

"Dengan program ini masyarakat sangat terbantu," katanya.