Gubernur: "Pemanasan" Dulu Sebelum Masuk Ramadhan

id Ramadhan



Padang, 29/5 (Antara) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat untuk melakukan "pemanasan" sebelum memasuki Ramadhan dengan berpuasa di bulan Saban.

"Sayang kalau nanti saat Ramadhan datang, kita harus pemanasan dulu. Sebaiknya sekarang pemanasan, nanti awal puasa Ramadhan ibadahnya sudah mantap, khusuk dan baik," katanya saat membuka acara menyambut Ramadhan bersama organisasi keagamaan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumbar di Masjid Raya Sumbar, Minggu.

Ia juga mengingatkan agar sejak sekarang menjaga kesehatan supaya bisa menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Sementara penceramah, Erizal Ilyas mengatakan, nikmat Ramadhan itu sebenarnya terletak pada 10 hari terakhir.

"Mari tingkatkan ibadah kita, penuhi masjid pada 10 malam terakhir itu," katanya.

Ia menceritakan, di Masjidil Haram, yang bisa menampung satu juta orang, pada sepuluh hari terakhir selalu penuh sejak waktu subuh.

"Kalau tidak ikut beriktiqaf, kita tidak akan dapat tempat di shaf yang ada. Semua penuh. Demikian berlomba-lomba ibadah mereka yang harus menjadi teladan bagi kita," katanya.

Penceramah lainnya, Ahmad Zainuddin mengingatkan keutamaan Ramadhan sehingga umat islam yang beriman dan bertaqwa akan merasa sedih, merasa iba, jika tidak dapat memaksimalkan waktu untuk beribadah.

"Mari kita tingkatkan ibadah pada Ramadhan ini," katanya.*