Dharmasraya Harapkan Uda Uni 2016 Lebih Meriah

id udaunidharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menargetkan peserta pemilihan "Uda Uni" yang merupakan duta wisata daerah tersebut lebih dari 100 orang pada 2016 agar lebih meriah.

"Kalau pendaftar banyak, kesempatan untuk mendapatkan peserta bermental juara akan lebih besar. Selain itu juga akan lebih meriah," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Pariwisata, dan Budaya, Akrial melalui Kasi Pariwisata Yurnida, di Pulau Punjung, Minggu.

Dia mengatakan, untuk mencapai target pihaknya gencar menyosialisasikan kegiatan tersebut melalui media masa, radio, cetak hingga menyebar selebaran pamplet keseluruh daerah itu.

Ia mengharapkan finalis Uda Uni tahun ini juga berasal dari seluruh pelosok daerah itu sehingga kegiatan ini benar nyata dirasakan masyarakat.

"Dua tahun terakhir peserta uda-uni terus meningkat, misalnya pada 2014 45 peserta, pada 2014 75 peserta. Kita harapkan tahun ini mecapai ratusan, maka dari itu masa pendaftaran juga dibuka selama dua bulan," katanya.

Pendaftaran pemilihan uda uni telah dibuka sejak 19 Mei hingga 30 Agustus 2016, ujarnya.

Ia mengatakan, calon peserta dapat mengambil formulir pendaftaran di kantor instansi terkait di Jl.Lintas Sumatera Km 5 Sikabau, mulia pukul 08.00 - 16.00 WIB selama hari kerja.

Syarat utama calon peserta berusia 17-23 tahun, berpenampilan menarik, berkepribadian, berwawasan dan komunikatif serta terampil berbahasa Minang, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, katanya.

"Peserta yang memiliki keterampilan lainnya, seperti aktif di organisasi, bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau olah raga akan mendapat penilaian lebih," jelasnya

Sementara itu, Jetski (38), warga Nagari Pulau Punjung, mengharapkan pemilihan Uda Uni tahun ini transparan, profesional dan menyosialisasikan pendaftaran hingga pelosok Dharmasraya.

"Kami berharap Dharmasraya mendapat prestasi yang baik di bidang ini," ujarnya.*