Citi Indonesia Dukung Upaya Ketahanan Lingkungan

id Citi Indonesia

Jakarta, (Antara Sumbar) - Citi Indonesia menegaskan dukungannya atas upaya ketahanan lingkungan oleh pemerintah yang tertera dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup melalui pelaksanaan Global Community Day (GCD) 2016.

Menurut Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi, kegiatan yang pada tahun 2016 bertema "Keep It Cool!" itu merupakan komitmen Citi mencegah pemanasan global akibat perubahan iklim.

"Kami berkomitmen dalam melawan perubahan iklim yang juga masuk strategi berkelanjutan Citi," ujar Batara dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Adapun GCD 2016 diselenggarakan serentak pada Minggu (29/6) di beberapa kota di Indonesia, dengan bekerja sama lembaga swadaya masyarakat internasional The Nature Conservancy (TNC) Indonesia untuk mendukung usaha LSM itu melestarikan terumbu karang di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Kerja sama ini, kata Batara, bernilai penting karena hanya dengan kemitraan bersama masyarakat, dampak positif dari usaha pencegahan perubhan iklim dapat dirasakan.

Kepulauan Dewan di Kalimantan Timur sendiri dipilih karena Citi Indonesia menganggap tempat wisata tersebut memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan 500 jenis spesies karang dan lebih dari 1.000 jenis ikan.

"Sayangnya, dari data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), saat ini hanya lima persen terumbu karang di perairan Indonesia, terutama di bagian barat, yang masih dalam kondisi sangat baik," tutur Batara.

GCD 2016 mendapat apresiasi dari TNC Indonesia. Country Director TNC Indonesia Rizal Algamar mengatakan dukungan dari Citi Indonesia dapat membantu upaya LSM yang bercabang di 69 negara itu untuk menjaga ekosistem laut terutama dalam kaitan dengan pelestarian terumbu karang.

"Upaya ini memerlukan dukungan dan keterlibatan dari berbagai pihak khususnya masyarakat sekitar, pemerintah dan pelaku bisnis," ujar Rizal.

Global Community Day (GCD) gerakan global di seluruh negara di mana Citi beroperasi.Tahun 2015, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 80.000 orang di 93 negara, yang terdiri dari karyawan dan keluarganya.

Sementara di tahun 2016, GCD dilaksanakan melalui lebih dari 1.000 kegiatan. Di Indonesia, GCD 2016 diadakan di kota Bandung, Denpasar, Medan, Semarang dan Surabaya dan diikuti oleh lebih dari 2.200 karyawan Citi Indonesia. (*)