Harga Bahan Pokok di Padang Masih Normal

id Ramadhan, Harga, Bahan, Pokok

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memastikan bahwa beberapa harga bahan pokok di daerah tersebut masih normal seminggu menjelang Bulan Ramadhan 1437 Hijriyah.

"Dalam inspeksi kali ini beberapa bahan pokok seperti daging, ikan, telur dan cabai harganya masih stabil," katanya saat melakukan inspeksi di Pasar Raya Padang, Senin.

Berdasarkan pantauan dan wawancara dengan sejumlah pedagang Mahyeldi menyebutkan beberapa harga kebutuhan pokok tersebut.

Seperti cabai merah dikisaran Rp20.000 per kilogram, daging sapi Rp110.000 per kilogram, daging ayam Rp22.000 per kilogram dan telur ayam Rp22.400 per kilogram.

Jumlah ini, menurutnya masih stabil dan hampir sama dengan minggu lalu dikisaran harga tersebut.

"Hal ini bentuk respon positif pedagang atas imbauan pemerintah untuk tidak mempermainkan harga menjelang Ramadhan," kata dia.

Dia berharap kestabilan harga ini bisa terus berlangsung saat mendekati bulan puasa, bulan puasa dan menjelang lebaran Idul Fitri.

Menurut dia pedagang harus menyesuaikan harga dengan pasaran.

"Bila pasaran naik ya harga naik, bila tetap ya tetap," ujarnya.

Selain melakukan inspeksi terhadap harga bahan pokok, pihaknya juga memeriksa higienitas makanan dan kemurnian bahan tersebut serta ketersediaan barang.

"Ketersediaan barang masih cukup dan tidak ditemukan bahan berbahaya dalam makanan, sejauh ini bahan pokok aman," ujarnya.

Senada dengan wali kota salah satu warga, Masnaini menyebutkan di Pasar Belmbing kenaikan harga hanya pada daging ayam dari Rp22.000 menjadi Rp25.000 per kilogram.

Sedangkan harga lain menurutnya cederung sama. (*)