Bupati: RPJMD Tanah Datar Akomodir Semua Masukan

id Irdinansyah Tarmizi, RPJMD, Tanah Datar

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengatakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 sampai 2021 yang sedang disusun mengakomodir semua masukan demi kesejahteraan rakyat.

RPJMD sedang digodok dan sekarang dibahas kalangan akademisi dan pakar supaya hasilnya bisa menyejahterakan rakyat, katanya di Batusangkar, Senin.

Ia menyebut para pakar dan akademisi yang membahas RPJMD diantaranya Mantan Kepala Bappenas RI Andrianof Chaniago, Fasli Djalal, Firman Hasan, Raudha Thaib, dan lainnya.

Ia menambahkan, proses RPJMD sekarang juga masih menghimpun masukan dari pemegang kebijakan dan masyarakat sehingga hasilnya juga akan lebih baik.

Sebelumnya kami juga sudah meminta masukan dari para perantau sehingga hasil RPJMD lebih komplit dan menyentuh lansung lapisan masyarakat agar bisa sejahtera, sebutnya.

Setelah pembahasan dengan akademisi dan pakar di bidangnya selesai, maka diharapkan kerjasama dari DPRD untuk membahasnya supaya kesejahteraan rakyat lebih cepat tercapai.

Kami berharap kerjasama DPRD untuk menuntaskan RPJMD setelah pembahasan dengan akademisi selesai supaya hasilnya benar-benar komplit dan semua masukan tertuang di dalamnya, lanjutnya.

Pemerintah daerah memiliki visi pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Irdinansyah menyebut untuk mewujudkan visi tersebut, yang menjadi prioritas adalah peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, adat dan budaya.

Sedangkan program unggulan pemerintah daerah lainnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, agama dan budaya, peningkatan pelayanan publik yang prima, pengembangan pertanian serta pengembangan pariwisata.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Irman mengatakan Dewan mendukung kegiatan pemerintah daerah termasuk pembahasan RPJMD yang sedang dibahas.

Fungsi DPRD adalah pengawasan dan kami akan memastikan semua berjalan dengan baik sehingga kemajuan daerah bisa tercapai dalam waktu dekat, ujarnya. (*)