109 Orang Siswa SMAN 2 Painan Lolos SNMPTN

id SNMPTN, Siswa, SMAN 2 Painan

Painan, (Antara Sumbar) - Jumlah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), yang diterima pada perguruan tinggi negeri (PTN) favorit melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016 tercatat 52,1 persen dari jumlah tamatan tahun itu.

"Siswa kami yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit tingkat nasional tahun 2016 ini jauh meningkat dibandingkan tahun 2015, " kata Kepala SMAN 2 Painan, Suhendri di Painan, Senin.

Persentase tersebut sama dengan sebanyak 109 orang. Sedangkan pada tahun 2015 jumlah siswa sekolah itu yang diterima pada perguruan tinggi favorit melalui jalur yang sama (SNMPTN) hanya 88 orang atau 33,5 persen.

Siswa yang diterima pada perguruan tinggi tahun 2016 yakni sebanyak 68 orang di Universitas Andalas (Unand) Padang, sebanyak 12 orang di Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip) satu orang, Udayana satu orang, Universitas Sumatera Utara (USU) sebanyak dua orang.

Universitas Syiah Kuala (Unsia) sebanyak satu orang, Universitas Jambi (Unja) sebanyak satu orang, Universitas Sriwijaya (Unsri) sebayak dua orang, Universitas Negeri Padang (UNP) sebanyak 13 orang, dan STT Telkom Bandung sebanyak tujuh orang.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di SMA ini. Peningkatan pendidikan di satu sekolah atau daerah dapat dilihat dari seberapa banyak siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, " katanya.

Sejak beberapa tahun lalu peningkatan pendidikan di SMA N 2 Painan telah dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa tamatan SMA tersebut diterima di perguruan tinggi negeri.

Selain itu SMA Negeri 2 Painan juga telah menorehkan prestasi lain seperti, mewakili kabupaten setempat untuk lomba OSN dan FLS2N tingkat Sumbar, finalis lomba biologi Unand, juara 3 Akutansi Unand, penyelenggaran pendidikan terbaik dan mewakili Pesisir Selatan untuk tingkat provinsi sebagai sekolah Adiwiyata dan sebagainya.

Sedangkan tingkat guru, sekolah itu juga menorehkan beberapa prestasi diantaranya nilai ujian kompetensi guru (UKG) tertinggi tingkat kabupaten dan peringkat lima tingkat Sumbar, juara 1 guru berprestasi dan lainnya.

Menurutnya, setidaknya pretasi tersebut telah mampu memotivasi para siswa untuk lebih giat belajar dan guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik.

"Kami terus mendorong siswa agar rajin belajar untuk masa depan yang lebih baik. Tingkat kedisiplin sangat berperan aktif dalam prestasi ini. Bagi guru-guru juga diharapkan mengoptimalkan tugas dan fungsi sehingga kualitas pendidikan di sekolah ini meningkat," tambahnya.

Anggota DPRD kabupaten setempat, Welly Hendra menyebutkan SMA Negeri 2 Painan telah melihatkan contoh yang baik bagi sekolah lainnya khususnya di kabupaten setempat. Ke depan prestasi yang diraihnya selama ini diharapkan dapat dipertahankan. (*)