Nagari Pasir Talang Barat Dinilai Provinsi

id Nagari, Berprestasi, Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai pagu yang merupakan Nagari berprestasi Solok Selatan dinilai oleh tim Provinsi Sumatera Barat.

"Kami hanya melihat realisasi dilapangan apakah sudah sesuai dengan apa yang dikirimkan oleh Nagari Pasir Talang Barat untuk lomba Nagari Berprestasi Tingkat Sumbar," kata ketua tim penilai Muklis, di Padang Aro, Senin.

Dia menjelaskan, tim penilai hanya mencocokkan apa yang dikirimkan oleh nagari yang bersangkutan apakah sudah sesuai dengan realita dilapangan.

"Tugas kami kesini adalah memastikan apa yang dikirim sesuai dengan keadaan di lapangan dan ini berlaku untuk semua nagari di kabupaten/kota lain," jelasnya.

Sementara itu Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi atau penilaian yang dilaksanakan panitia Kabupaten tahun ini Nagari Pasir Talang Barat terpilih sebagai Nagari berprestasi tingkat Solok Selatan.

Evaluasi dan penilaian yang dilakukan katanya, sesuai dengan indikator pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Selain itu, katanya Nagari Pasir Talang barat telah berhasil dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat nagari serta penyelenggaraan pemerintahan nagari dan pengelolaan keuangan nagari dengan baik.

"Berdasarkan indikator tersebut maka Nagari Pasir Talang barat mewakili Solok Selatan di tingkat Provinsi tahun 2016," katanya.

Ia berharap, Solok Selatan bisa menjadi pemenang penilaian Nagari berprestasi tingkat Provinsi dan membawa nama baik Kabupaten.

"Kita berharap tahun ini Pasir Talang Barat bisa mendapatkan brestasi yang baik di tingkat Provinsi karena mereka sudah berusaha semaksimal mungkin," katanya.

Ia menambahkan, pada perlombaan selanjutnya Nagari lain harus lebih baik lagi karena dengan persaingan yang ketat maka hasilnya juga maksimal.

"Nagari Pasir talang Barat harus bisa memotifasi Nagari lainnya di Solok Selatan dan berusaha lebih baik lagi supaya mereka juga bisa mewakili Solok Selatan tingkat Provinsi," tambahnya. (*)