Padang-Vung Tau Teken Nota Kesepahaman Kota Kembar

id Padang-Vung Tau

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), secara resmi meneken nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam dalam rangka pembentukan kota kembar di Tugu Perdamaian, Pantai Padang, Selasa.

"Ini merupakan kerja sama pertama antara kota di Indonesia dengan pemerintah provinsi di Vietnam yang meliputi bidang perikanan, perkebunan, pertanian dan industri," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi usai meneken kesepakatan kerja sama.

Menurut dia, Ba Ria Vung Tau merupakan provinsi yang berada di kawasan pantai dengan jumlah penduduk sekitar 1 juta jiwa sehingga memiliki banyak kesamaan dengan Padang.

"Kerja sama ini akan dikemas agar kedua pihak saling menerima manfaat," ujarnya.

Apalagi saat ini Vietnam pertumbuhannya cukup pesat dan perusahaan perusahaan di Asia banyak yang pindah ke Vietnam sehingga bisa dipelajari kiat dan strateginya, lanjut dia.

Mahyeldi menyebutkan untuk menindaklanjuti kerja sama akan didetailkan dalam bentuk program dan kegiatan oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah kedua pihak.

Ini juga bagian dari peluang dan potensi Masyarakat Ekonomi ASEAN karena saat ini sudah diberlakukan sehingga produk dari kedua kota dapat saling dikembangkan, tambahnya.

Sementara Ketua Komite Rakyat Ba Ria Vung Tau, Le Tuan Quoc mengatakan Ba Ria Vung Tau merupakan gerbang masuk internasional ke Vietnam.

"Kami ingin melakukan kerja sama pada bidang budaya dan pariwisata dengan Padang," jelasnya.

Ia berharap ketulusan dan persahabatan yang dijalin Pemkot Padang dapat menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan kedua daerah.

Staf ahli Gubernur Sumbar, Jefrinal menerangkan karena kedua kota memiliki kesamaan diharapkan kerja sama yang disepakati dapat saling memberi manfaat.

Provinsi Ba Ria Vung Tau terletak di tepi pantai bagian selatan Vietnam memiliki luas wilayah 1.982 kilometer per segi.

Provinsi itu memiliki angka kepadatan penduduk 452 jiwa per kilometer per segi dan terbagi menjadi lima distrik yaitu Chau Duc, Con Dao, Long Dat, Tan Thanh dan Xuyen Moc. (*)