Kemenag Solok: Sambut Ramadhan dengan Kegiatan Positif

id Kemenag Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kardinal mengajak masyarakat di daerah itu untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah dengan melakukan berbagai kegiatan positif.

"Kegiatan positif bisa dengan membersihkan pekarangan masjid, surau, mushala di lingkungan tempat tinggal masing-masing," kata dia di Arosuka, Selasa.

Selain itu menyambut datangnya Ramadhan warga tidak perlu melakukan tradisi 'balimau' atau mandi ke sungai atau kegiatan serupa, karena ini termasuk kegiatan yang berlebihan.

Apalagi kegiatan balimau tersebut lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Seperti dijadikan ajang pacaran sekelompok muda-mudi, kemudian pergi mandi bersama yang malah menyebabkan terjadinya musibah.

Seperti kecelakaan lalu lintas, orang hanyut di sungai, ada yang berkelahi dan lain sebagainya, yang justru mengakibatkan kerugian bagi masyarakat sendiri.

Alangkah baiknya kata Kardinal, jika ingin membersihkan diri cukup di rumah saja sambil melakukan aktivitas bersih-bersih di halaman rumah dan tempat ibadah di sekitar tempat tinggal kita.

"Dan paling penting semua umat muslim wajib menjaga kesucian Ramadhan dan memakmurkan masjid, dengan kegiatan ibadah," katanya.

Kegiatan ibadah seperti melaksanakan shalat tarwih berjamaah, membaca Alquran dan kegiatan wirid serta aktivitas keagamaan lainnya.

"Ramaikanlah masjid dan mushala saat Ramadhan, sejak awal sampai malam terakhir," ajaknya.

Terkait awal Ramadhan 1437 hijriyah ia meminta warga menunggu pengumuman pemerintah melalui Kementeria Agama yang disiarkan melalui televisi dan radio secara langsung ke seluruh penjuru nusantara. (*)