Warga Lintau Tanah Datar Bangun Gedung TK Secara Swadaya

id Warga, Bangun, Sekolah

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Warga Jorong Limau Manih, Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar, Sumatera Barat, membangun gedung Taman Kanak-Kanak (TK) secara swadaya karena prihatin melihat pendidikan anak-anak disana tidak dimulai dari TK.

Dana pembangunan Gedung TK ini murni berasal dari swadaya masyarakat dan perantau, kata Kepala Jorong Limau Manih, Idris Sardi saat gotong royong warga pembangunan Gedung TK AL Barkah Lintau, Selasa.

Ia menyebut sekolah TK yang terdekat terletak sekitar 2,5 kilometer sehingga menjadi kendala bagi orangtua menyekolahkan anaknya di TK tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Chaidir menyebutkan pembangunan gedung TK ini diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp175 juta.

Ia menjelaskan gedung TK ini dibangun tiga lantai terdiri dari lantai dasar untuk tempat belajar dan sarana prasarana TK, lantai 2 sebagai tempat pelatihan dan kursus komputer untuk generasi muda Lintau, dan lantai 3 sebagai tempat musyawarah kegiatan kepemudaan.

Saat ini panitia telah memperoleh bantuan berupa ATK dan alat peraga dari Dinas Pendidikan Sumbar, sementara untuk peralatan komputer sebanyak 20 unit diharapkan dapat dibantu Pemkab Tanah Datar, katanya.

Ia menerangkan beberapa pihak yang sudah membantu diantaranya Hakim di PN Pasaman Barat Asnita, Erdison Mansyur, Humas Pemkab Tanah Datar dan para donatur yang tidak ingin disebutkan namanya.

Wali Nagari Tepi Selo M. Natsir Datuk Sampalawan menyatakan sangat mendukung program warga dan perantau dalam membangun gedung TK Albarqah ini.

Pada 2016 ini, kami telah merencanakan pembangunan Polindes, sehingga anggaran pembangunan nagari banyak tersedot kesana, ujarnya. (*)