Satgas PON Sumbar Evaluasi Persiapan Cabang Olahraga

id PON, Satgas, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Satuan tugas (Satgas) persiapan PON 2016 Sumatera Barat, akan mengevaluasi cabang olaharaga yang akan mengikuti event tersebut, guna mengejar target peraihan medali.

"Disamping itu kami juga akan adaka 'medical chek up' untuk para atlet yang sedang dipersiapkan, dan kegiatan ini semua akan dilaksanakan sebelum sesi latihan penuh dua minggu setelah lebaran," kata Wakil Ketua Satgas pesiapan PON Sumbar, Eri Berlian di Padang, Selasa.

Ia menambahkan dengan diadakan ini pihaknya bisa tahu bagaimana kondisi di lapangan yang sesungguhnya dari setiap cabang olahrag beserta atletnya.

"Kegiatan ini kami laksanakan pada tiga hari. Pada hari pertama kami akan panggil seluruh cabor yang bersifat bela diri, hari kedua cabang olahraga individu, terakhir untuk cabang olahraga permainan," ujarnya.

Ia menyebutkan, pada tiga hari tersebut pihaknya akan menampung beberapa hal masukan dari cabang olaharaga tersebut, seperti gambaran kondisi saat ini apa saja yang diperlukan dan juga kendala apa yang diperoleh dari mempersiapkan atlet ini.

"Jadi kami di sini berfungsi bagaimana untuk membantu tim di lapangan dalam langkah meraih prestasi maksimal," lanjutnya.

Sementara itu, Plt Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful menjelaskan, untuk saat ini atlet masih dalam tahap TC berjalan hingga 17 Juli.

Ia mengungkapkan untuk tiga hari kedepan yakni 1 hingga 3 Juni memang satgas akan melakukan pertemuan dengan pelatih dari tiga kategori cabang olaharaga.

"Pertemuan dengan cabang olahraga ini akan membahas tentang kesulitan yang dihadapi selama latihan termasuk juga didalamnya membicarakan mana saja atlet dari setiap cabang olahraga yang bisa diunggulkan," ujarnya.

"Pertemuan ini untuk lebih mempetakan dan mengonsep apa yang akan dilakukan ke depan oleh satgas ini," jelasnya.

Satgas ini terbentuk pada Mei 2016 oleh Plt KONI Sumbar yang beranggotakan 11 orang dari ahli dibidang olahraga, bergunanya untuk mengawal persiapan para cabang olahraga untuk mematangkan atletnya menjelang keberangkatannya pada September 2016. (*)